PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PEMBENTUKAN AKHLAK SISWA DI PONDOK PESANTREN MA'HAD TAHFID DARUL QUR'AN EL-KHAIR KLAMBIR LIMA KAMPUNG, KECAMATAN HAMPARAN PERAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21993Keywords:
Lingkungan, Pembentukan AkhlakAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair, Kecamatan Hamparan Perak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah keadaan lingkungan sekolah Pondok Pesantren Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair, akhlak siswa di Pondok Pesantren Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair, hubungan antara keadaan lingkungan sekolah dengan pembentukan akhlak siswa di Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair, dan yang terakhir adalah pengaruh lingkungan terhadap pembentukan akhlak siswa Pondok Pesantren Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair. Hasil menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah yaitu 51,85, variabel akhlak siswa yaitu 63,38, hubungan lingkungan sekolah dengan pembentukan akhlak siswa terdapat hubungan yang signifikan yaitu 0,443, sedangkan pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan akhlak siswa di Pondok Pesantren Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair, Kecamatan Hamparan Perak berada pada kategori sedang dengan interprestasi korelasi 0,40-0,599 hal ini ditandai dengan hasil perhitungan product moment yaitu 0,443. Sedangkan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,294. Ini berarti rhitung > rtable dengan nilai 0,443 > 0,294. Karena r0>rt pada taraf signifikan 5%, maka hasil penelitian adalah signifikan atau hipotesis telah diajukan diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap pembentukan akhlak siswa di Pondok Pesantren Ma'had Tahfid Darul Qur'an El-Khair Klambir Lima Kampung, Kecamatan Hamparan Perak.References
Abdil Latif,(2017),Pendidikan Berbasis Ilmu Kemasyarakatan, cet.1, Bandung: PT. Revika Aditama.
Abdul Majid, Dian Andayani, (2011), Pendidikan AkhlakPerspektif Islam, Bandung: RemajaRosda Karya
Ahmad Tafsir, (2017),Metode Pembelajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya
Al-Maududi, (2014), Abul A’la, Al-Khilafah wa al-Mulk, terj. Oleh Muhammad Al-Baqir, Bandung: Mizan.
Beratha I Nyoman, 2005, Pembangunan Desa Berwawasan Lingkungan, Jakarta: Bumi Aksara.
Binti Maunah, (2019), Ilmu Pendidikan, cet. 1, Yogyakarta: Teras
Em Zul Fajri, Ratu Aprilia Senja,(2006), Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Difa Publisher.
Fadil M, Triyo S, (2017), Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta: Sukses Offset
Hasbullah, (2018), Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Imam, Supardi, 2003, Lingkungan Hidup dan Kelestarianya, Bandung: PT. Alumni.
Istighfarotul Rahmaniyah, (2010), Pendidikan Etika, Malang : UIN-Maliki Press Anggota IKAPI ,
Lickona, Thomas, (2013), Educating For Character, Jakarta: Bumi Aksara.
Miswardan Pangulu Nasution, (2013), Akhlak Tasauf, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis.
Moh. Haitami Salim, (2013), Pendidikan Akhlak (Konsepsi danImplementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat) Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Muchlas Samani,Hariyanto, (2013), Pendidikan Akhlak, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Muhibbin, (2015), Psikologi Belajar, Jakarta: Erlangga.
Nana Syaodih, Sukmadinata, (2019), Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Rosda Karya Offset
Ngalim Purwanto, (2014), Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ngalim Purwanto,(2019), Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Singgih D Gunarsa dan Yulia Singgih, (2006), Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Cet.12, Jakarta: BPK Gunung Mulia
Sri Narwati, (2011), Pendidikan Akhlak, Yogjakarta: Familia.
Sugiyono, (2018), Metode penelitian kuantitatif dan R&D Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikutno, (2016), Prosedur Penelitian Suatu Pendekata Praktik, Jakarta: Rineka Cipta,
Suyadi, (2013), Strategi Pembelajaran Pendidikan Akhlak, Bandung.: PT Remaja Rosdakarya
Syafaruddin (dkk), (2012), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Hijri Pustaka Utama.
Syahrum dan Salim, (2014), Metode penelitian kuantitatif Bandung: Citapustaka Media.
Thomas F.O Dea, (1985), Sosiologi Agama, Jakarta: Rajawali
Zainudin, (2010), Paradigma Pendidikan Terpadu Menyiapkan Generasi Ulul Albab, Malang: UIN Malang Press.
Zakiyah Dradjat, et.al.(2018), Ilmu Pendidikan Islam, cet. 7, Jakarta: Bumi Aksara.
Zubaedi, (2011), Desain Pendidikan Akhlak Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miswar Miswar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




