PELAKSANAAN BIMBINGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MUALAF DALAM MEMPERTAHANKAN KEIMANAN DI MUALAF CENTER INDONESIA (MCI) PALANGKA RAYA

Authors

  • Liani Fitriana IAIN Palangka Raya
  • Nasiruddin Sidqi IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21759

Keywords:

Bimbingan Pendidikan Agama Islam, Mualaf, Pemertahanan Keimanan.

Abstract

Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh mualaf saat ini adalah kurangnya sarana yang memungkinkan mereka untuk mendalami pemahaman agama Islam dengan lebih mendalam. Seperti yang diketahui, mualaf membutuhkan bimbingan dan pengajaran intensif tentang nilai-nilai agama Islam agar mereka dapat konsisten dalam mempertahankan keimanan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya berjalan dengan baik sesuai jadwal yang telah ditetapkan (2) Tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan bimbingan pendidikan agama Islam bagi mualaf dalam mempertahankan keimanan di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya meliputi keterbatasan transportasi untuk menghadiri bimbingan, jarak tempat bimbingan yang jauh dari lokasi penelitian, dan jadwal bimbingan yang sering bertabrakan dengan kegiatan lain. Tantangan dari keluarga mualaf mencakup penolakan dari orang tua sejak awal konversi hingga saat ini, serta larangan untuk mengikuti bimbingan di MCI (Mualaf Center Indonesia) Palangka Raya. Tantangan dari lingkungan mualaf adalah penolakan dari teman-teman dekat di agama sebelumnya (3) Solusi untuk mengatasi tantangan-tantangan yang berasal dari dalam diri mualaf, keluarga mualaf, dan lingkungan mualaf adalah mempertahankan keteguhan iman, konsistensi, dan semangat dalam mempelajari agama Islam secara lebih mendalam.

References

Abidin, Y. Z., Suhendi, S., Suryanegara, R. H., Sulaeman, R. A., Almu’min, M. Y. W. P., Imanduddin, M., ... & Malik, A. A. (2022). Dakwah terpadu di Kota Baru.

Amin, A. R. (2015). Sistem pembelajaran pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Deepublish.

Anam, S., Nashihin, H., Taufik, A., Sitompul, H. S., Manik, Y. M., Arsid, I., ... & Luturmas, Y. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). Global Eksekutif Teknologi.

Arifin, Z. (2022). Implementasi Pembelajaran Keberagamaan Dalam Membina Toleransi Beragama Di Pondok Pesantren. Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 81-92.

Faisol, Y., Hadi, S., Reflinaldi, R., & Syafrian, S. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Mualaf Kota Padang. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 263-271.

Faisol, Y., Hadi, S., Reflinaldi, R., & Syafrian, S. (2022). Pembinaan dan Pendampingan Mualaf Kota Padang. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 263-271.

Fitriyani, N. (2019). Peran himpunan bina mualaf indonesia (hbmi) dalam memperkokoh keimanan para mualaf (studi kasus Himpunan Bina Mualaf Indonesia Pusat di Pulo Mas Jakarta Timur) (Bachelor's thesis).

Hidayatulloh, D. (2021). Strategi pembinaan dalam menanamkan nilai-nilai religius pada Muallaf etnis Tionghoa di organisasi persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

HM, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16 (2), 469.

Ikhsanto, N. E., Muthoifin, M., & Mustofa, T. A. (2023). Konsep Pendidikan Islam (Studi Perbandingan Pemikiran Syed Naquib Al Attas dan Mahmud Yunus). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Indana, N., Fatikah, N., & Ba’dho, A. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM:(Analisis Buku Misteri Banjir Nabi Nuh Karya Yosep Rafiqi). Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 106-120.

Mahmudah, A. (2021). Institusi-institusi Pendidikan dan Transmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, dan Lembaga Pendidikan. Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 9(2), 64-78.

Marpuah, M. (2019). Toleransi Dan Interaksi Sosial Antar Pemeluk Agama Di Cigugur, Kuningan. Harmoni, 18(2), 51-72.

Muhtarom, A., Fuad, S., & Latif, T. (2020). Moderasi beragama: konsep, nilai, dan strategi pengembangannya di pesantren. Yayasan Talibuana Nusantara.

Mulyadi, H. (2021). Islam Dan Tamadun Melayu: Sejarah Orang Melayu Dan Persentuhan Islam Dengan Tamadun Melayu. Cv. Dotplus Publisher.

Ningsih, W., & Riau, S. A. K. (2023). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER. PENDIDIKAN KARAKTER, 1.

Nur Isnaini, S. (2019). Peran Orang Tua Muallaf dalam Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Ajaran Islam Kepada Anak di Desa Samban Jaya Bengkulu Utara (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).

Rahman, E. Y., Kaseger, M. R., & Mewengkang, R. (2023). Manajemen pendidikan. Mafy Media Literasi Indonesia.

Saleh, S., Nasution, T., & Harahap, P. (2020). Pendidikan Luar Sekolah.

Sinta, A. D., & Isbah, M. F. (2019). Filantropi dan Strategi Dakwah Terhadap Mualaf: Kolaborasi Mualaf Center Yogyakarta, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat di Yogyakarta. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 13(1), 15-31.

Surawan, S., & Andriani, I. (2022). EVALUASI MODEL CIPP PROGRAM PEMBINAAN PAI DI MCI PALANGKA RAYA.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi moderasi beragama di lembaga pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.

Tujuana, R. H. (2020). PENGAJIAN TAFSIR Al-QUR’AN JUZ 30 DI MAJLIS TA’LIM AL-HUSAINY TANGERANG SELATAN (Bachelor's thesis).

Wibisono, M. Y., Truna, D. S., & Haq, M. Z. (2020). Modul Sosialisasi Toleransi Beragama. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Fitriana, L. ., & Sidqi, N. . (2023). PELAKSANAAN BIMBINGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI MUALAF DALAM MEMPERTAHANKAN KEIMANAN DI MUALAF CENTER INDONESIA (MCI) PALANGKA RAYA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3076. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21759

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.