IMPLEMENTASI TEKS JANJI SISWA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI MTs. SIDRATUL ‘ULYA TANJUNG MORAWA

Authors

  • Dewi Mutia Universitas Alwashliyah Medan
  • M.Syukri Azwar Lubis Universitas Alwashliyah Medan
  • Dirja Hasibuan Universitas Alwashliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21312

Keywords:

Implementasi, Teks Janji Siswa, Nilai-nilai keIslaman.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan implementasi teks janji siswa melalui nilai-nilai keislaman di MTs. Sidratul ‘Ulya Tanjung Morawa. penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumnetasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, pendidik, dan peserta didik. Observasi dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai kondisi fisik dan non fisik serta penerapan teks janji siswa dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman peserta didik. Dokumentasi dilakukan untuk mendapatkan informasi dokumen terkait penelitian. Penelitian dilakukan mulai dari tanggal 04 Juli 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan janji siswa dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman di MTs. Sidratul ‘Ulya Tanjung Morawa dilaksanakan dengan menggunakan metode pembiasaan yang dilakukan secara terus menerus dan struktur. Penerapan janji siswa meliputi 5 S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), berbaris membaca janji siswa, berdoa bersama, sholat dhuha berjama’ah, sholat dzuhur berjama’ah, dan muraja’ah hafalan. Nilai keislaman yang ditanamkan disekolah adalah nilai relegius, disiplin dan tanggung jawab. Faktor pengahambat atau kendala yang dihadapi dalam merealisasikan teks janji siswa dalam meningkatkan nilai-nilai keislaman di MTs. Sidartul ‘Ulya Tanjung Morawa adalah sarana dan prasarana yang belum memadai. Solusi yang dilakukan yaitu penyediaan juz amma atau al-qur’an dan peningkatan pengawasan oleh para pendidik.

References

Abidin, Z. (2020). Educational Management of Pesantren in Digital Era 4.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(2), 203–216. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.172-07

Alkrienciehie, A. S. dan I. (2021). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Pustaka Setia.

Armanila, A. (2021). Implementasi Contextual Teaching and Learning dalam Pencapaian Perkembangan Aspek Agama pada Anak Usia Dini (Pendekatan Filsafat Ilmu-Ilmu Keislaman). Jurnal Raudhah, 9(1), 109–125. https://doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.946

Armanila, A., Siahaan, H., & ... (2023). Pelatihan Strategi Pembelajaran Anak Dan Oriantasinya Dengan Hukum Islam: Perspektif Pai Dalam Konsep Al-Ghazali. Community …, 4(1), 228–234. 3

Falah, ahmad syukron. (2017). Peran Guru Pai Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Anak Di Sd Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang. Skripsi, 51.

Lubis, M. S. A., Harahap, H. S., & Armanila, A. (2021). Psychological problems of learning from home during the covid-19 pandemic in early childhood. A?f?luna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 11–20. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v4i2.3497

Mahmudah. (2016). Pemikiran Syed Muhammad Naquib Al-Attas. TSARWAH (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 1(1), 95–108.

Masita. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Di Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima. Pelangi?: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Anak Usia Dini, 2(2), 207–233.

Pratiwi, A. (2020). Pemikiran Prof. Dr. Zakiah Drajat Tentang Pendidikan Isam: Kajian Terhadap Aspek Lingkungan Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sugiyono. (2021). MEtode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif (3rd ed.). Alfabeta, CV.

Syafa’ati, S., & Muamanah, H. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. Palapa, 8(2), 285–301.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Mutia, D. ., Lubis, M. A. ., & Hasibuan, D. . (2023). IMPLEMENTASI TEKS JANJI SISWA DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI KEISLAMAN DI MTs. SIDRATUL ‘ULYA TANJUNG MORAWA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1724–1729. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21312

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.