MODEL KEPEMIMPINAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN

Authors

  • Nurul Fika UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Atiqoh Atiqoh UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Machdum Bachtiar UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Agus Gunawan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20758

Keywords:

Model Kepemimpinan, Ki Hajar Dewantara, Manajemen Pendidikan

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan yaitu (library research) atau studi pustaka dengan menggali informasi melalui literatur berkenaan dengan model kepemimpinan ki hajar dewantara dalam manajemen pendidikan untuk menjawab fokus kajian pada penelitian ini. Penelitian ini mengkaji tentang definisi kepemimpinan, teori kepemimpinan ki hajar dewantara dalam perspektif sejarah, model kepemimpinan ki hajar dewantara dalam pendidikan. Kepemimpinan ialah salah satu hal yang sangat penting yang dimiliki oleh setiap individu. Pemimpin yang baik dan bijaksana akan berpengaruh terhadap suatu hal dalam menentukan suatu tindakan. Adapun model kepemimpinan Ki Hajar Dewantara dalam konteks pendidikan biasanya mencakup prinsip-prinsip diantaranya: 1) Pendidikan untuk semua. 2) Pendidikan berbasis kebudayaan lokal. 3) Pendidikan humanis dalam pendidikan. 4) kemerdekaan dalam pendidikan 5) Pendidikan sebagai sarana perubahan sosial.

References

Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah (Amzah).

Danang, S. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (PT Buku Se).

Darwis. (2016). Teologi Dakwah Dalam Kajian Paradigmatik. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 2(1), 85–106.

Ghofur, A. (2019). Dakwah Islam Di Era Milenial. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(2), 136–149.

Hafidhudin, Didin, T. H. (2022). Manajemen Syariah dalam Praktik (PT Gema In).

Heru, E. (2014). Mari Membuat Film (PT. Gramed).

Illahi, M. M. dan W. (2009). Manajemen Dakwah (Kencana).

Irham, F. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dam Kinerja (Mitra Waca).

Kartono, K. (1998). Pemimpin dan Kepemimpinan (PT RajaGra).

Lutfi, J. H. dan M. (2010). Civic Education?: Antara Realitas Politik dan Implementasi Hukumnya (Gramedia P).

Rachman, R. F. (2020). Discourse On Optimizing The Cultural Heritage Of Bung Karno Schools. Jurnal IImu Kesejahteraan Sosial, 9(2), 118–136.

Soeratman. (1989). Peletak Dasar Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara dalam Pandangan Cantrik dan Mantriknya (MLPTS).

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Prenanda M).

Thohir, M. M. B. (2019). Manajemen Dakwah Nahdlatul Ulama Pada Masa Kepemimpinan Abdurrahman Wahid. Dakwatuna: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 5(1), 68–94.

Winardi, J. (2003). Teori Organisasi dan Pengorganisasian (Raja Grafi).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Fika, N., Atiqoh, A., Bachtiar, M. ., & Gunawan, A. . (2023). MODEL KEPEMIMPINAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1286–1290. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20758

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>