KONTRIBUSI PENGASUHAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI RA AL JIHAD ASAHAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20694Keywords:
Kontribusi Pengasuhan, Meningkatkan Perkembangan, Sosial Emosional.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kontribusi Pengasuhan Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Di RA Al Jihad Asahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dengan alat pengumpul data yaitu panduan observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil analisis data menunjukan bahwa Kontribusi Pengasuhan Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak khususnya pada RA Al- Jihad Asahan terdapat tiga peran. Peran tersebut yaitu sebagai pendidik pertama dan utama yang dilakukan orang tua dengan mengajarkan dan mengarahkan dalam bentuk nasehat dan pengasuhan dalam keluarga. Kemudian yang kedua sebagai model yang dilakukan orang tua melalui contoh secara langsung yang dipraktekkan orang tua di depan anak, karena belajar anak lebih mudah dengan meniru perilaku orang tua. Ketiga sebagai teman yaitu orang tua layaknya teman yang menjadi tempat untuk anak bercerita dan berkeluh kesah sehingga membuat orang tua lebih mudah memahami perasaan dan emosi anak. Perkembangan kemampuan sosial emosional yang dicapai masing-masing anak berbeda. Ada yang aspek perilaku prososialnya bagus namun untuk tingkat percaya diri kurang, demikian pula sebaliknya, karena perbedaan pengasuhan orang tua terhadap anak. Perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Pola asuh orang tua dalam keluarga mempengaruhi perkembangan anak. Orang tua yang memberikan pengasuhan secara profesional menjadikan anak bisa memilih dan melakukan sesuatu sesuai dengan keinginannya dalam pengawasan orang tua.References
Ahmad Tafsir. (2014). Metodologi Pengajaran Agama Islam. In Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.
Besari, A. (2022). Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak. Jurnal Paradigma, 13 (1).
Desiningrum, D. R. (2016). Psiokologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain.
Faqih, I. (2018). Konsepsi Potensi Manusia. Jurnal Transpormasi: Jurnal Studi Agama Islam, 11(2).
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1).
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01). Https://Doi.Org/10. 29408/Goldenage.V2i01.739
Mardhiah, A., & Sulaiman, S. (2022). Pembentukan Perilaku Nilai-Nilai Pendidikan Islam Bagi Anak Sejak Dini Melalui Keluarga Yang Berkualitas. Serambi Tarbawi, 10(2). Https://Doi.Org/10.32672/Tarbawi.V10i2.4766
Rahmat, S. T. (2018). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Rohimin, R. (2020). Reposisi Pendidikan Keluarga Bagi Anak Generasi Alfa. Nuansa, 12(2). Https://Doi.Org/10.29300/Nuansa.V12i2.2765
Rohmah, M. N. (2022). Strategi Guru Menstimulasi Motorik Halus Pada Pembelajaran Blended Learning Anak Kelompok B Di Tk Kusuma Mulia I Gadungan Kediri. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1). Https://Doi.Org/10. 18860/Jpaui. V1i1.1078
Saeful, A., Sri Ramdhayanti, D., & Tinggi Agama Islam Binamadani, S. (2020). Konsep Pemberdayaan Masyarakat Dalam Islam. Achmad Saeful Dan Sri Ramdhayanti Syar’ie, 3.
Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi?: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). Https://Doi.Org/10.34001/Tarbawi. V14i2.619
Sunyigono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung?: Alfabeta.
Syakban, I. (2019). Eksistensi Manusia Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2 (1).
Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak?: Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad?: Journal On Early Childhood, 3(1). Https://Doi.Org/10. 31004/Aulad.V3i1.53
Yakub, Y. (2018). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Tarbawi?: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(02), 165–174. Https://Doi. Org/10. 26618/Jtw.V3i02. 1601
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sriyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.