OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KD. 3.2 GERAK PADA BENDA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK, MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI KELAS VIII. 4 SEMESTER GANJIL MTSN 1 KOTA PAYAKUMBUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • Ira Revolina MTsN 1 Kota Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20473

Keywords:

Hasil Belajar IPA, Pendekatan Saintifik, Model Blended Learning

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan tentang rendahnya hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas VIII.4 MTsN 1 Kota Payakumbuh karena adanya Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Gerak pada benda di kelas VIII.4 MTsN 1 Kota Payakumbuh Semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas .Penelitian ini terdiri atas empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus di MTsN 1 Kota Payakumbuh . Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII.4, peneliti dan kolaborator. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Model Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII.4 MTsN 1 Kota Payakumbuh. Rata-rata hasil belajar dan persentase ketuntasan pengetahuan pra siklus yang dicapai peserta mendapat nilai rata-rata 55 dan persentase ketuntasan 18 %. Terjadi peningkatan pada siklus I nilai rata-rata naik menjadi 79 dan persentase ketuntasan menjadi 55 % dan meningkat kembali pada siklus II nilai rata-rata menjadi 82 dan persentase ketuntasan mencapai 79 %. Sementara itu untuk rata-rata nilai keterampilan pra-siklus adalah 65 dan persentase ketuntasan pra-siklus adalah 34 %. Untuk nilai rata-rata pada siklus I naik menjadi 86 dan persentase ketuntasan juga mengalami kenaikan menjadi 84 %. Sementara pada siklus II meningkat lagi nilai rata-ratanya menjadi 87 dan persentase ketuntasan mencapai 87 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VIII.4 MTsN 1 Kota Payakumbuh semester genap 2021/2022.

References

Abdullah, Sani Ridwan. 2014. Pembelajaran saintifik untuk kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Agus, S., 2012, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Yogyakarta Remaja Rosda Karya.

Elenena Mosa (2006) A Blended E-Learning Model. Italia : Italian Journal of Educational Technology 17 (3)

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Revolina , I. . (2023). OPTIMALISASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KD. 3.2 GERAK PADA BENDA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK, MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DI KELAS VIII. 4 SEMESTER GANJIL MTSN 1 KOTA PAYAKUMBUH TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 858–863. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20473

Similar Articles

<< < 43 44 45 46 47 48 49 50 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.