UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI EXPRESSING INTENTION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERYDI KELAS X .IIS.2 MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • Hildawati Hildawati MAN 1 Kota Payakumbuh

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20459

Keywords:

Hasil Belajar dan Model Discovery Learning.

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Pembelajaran Bahasa Inggris adalah untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran Bahasa Inggris pada mata pelajaran Mengekspresikan Niat di kelas X.IIS.2 Semester Gasal Tahun Pelajaran 2017/2018 MAN 1 Kota Payakumbuh melalui pendekatan saintifik dengan pembelajaran penemuan model. Penelitian ini dilaksanakan selama tujuh minggu, yaitu minggu pada bulan Oktober dan empat minggu pada bulan November 2017, dengan dua siklus. Siklus pertama terdiri dari 3 (tiga) pertemuan, pertemuan ketiga merupakan ujian keduanya. Setiap siklus diawali dengan perencanaan. ,mengamati,dan merefleksikan atau mengevaluasi proses dan hasil pelaksanaan.Hasil refleksi menentukan siklus selanjutnya.Sampelnya adalah siswa kelas X.IIS.2 Semester ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018 MAN 1 Kota Payakumbuh.Pengumpulan data Tekniknya adalah dengan melakukan ulangan harian setiap siklusnya sebagai hasil belajar peserta didik. Hasil penilaian pengetahuan yang diperoleh pada tes siklus I peserta didik pada nilai lebih tinggi dari KKM sebanyak 9 orang (31,03%) dan pada siklus II diperoleh data sebanyak 20 orang (74,07%). Pada penilaian keterampilan, untuk tes siklus I peserta didik pada nilai lebih tinggi dari KKM sebanyak 24 orang (82,75%) dan siklus II diperoleh data sebanyak 14 orang (48,28%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada mata pelajaran Expressing Intention di sekolah.

References

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum 2004 (Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Inggris sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah), Jakarta, 2003, hlm. 7

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta PT Bumi Aksara

Jerome, Bruner (1961) Constructivism & Discovery Learning

Supriyanto, Heri, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik, Bandung : Universitas Pasundan, Unpublished.

Kemmis, Sand Mc Taggar, R(1998). The Action Research planner.(Edisi ke-3).Victoria: Deakin University Pres.

Bahri, Syaiful Djamaran. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieka Cipta

Dimyanti dan Mudjiono. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Sugandi, A. Dkk. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran Bahasa Inggris. Semarang: UNNES

Suherman, Erman, Dkk. 2003.Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Kontenporer Bandung: UPI

Sugeng, Mas 2014 Belajar Bahasa Inggris dan Grammar Bahasa Inggris . Unpublished

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Proses Pembelajaran

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bahasa Inggris. Jakarta 2014. Buku Pegangan Guru Bahasa Inggris Siswa Kelas 10 Kurikulum 2013. Edisi Revisi 2016

Ngizudin, Ahmad, 2009. Upaya Menigkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI IPS A Semester Genap Di MA Taqwal Ilah Kota Semarang Melalui Strategi Learning Start With A Question dan Information Search Pada Pokok Bahasan Pendudukan Jepang di Indonesia Tahun Ajaran 2009/2010 dengan Metode Discovery of Learning. Semarang: Unpublished.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah

Sulatri, Tatik, 2015, Penerapan Model Discovery of Learning Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pokok Bahasan Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan pada Peserta didik Kelas VII C SMPN 3 Dongko Trenggalek Tahun Pelajaran 2014/2015, Kediri: Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Unpublished.

http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran-bahasa Inggris.html

www.karyatulisku.com/2017/10/pengertian hasil belajar & jenis-jenis hasil belajar.

http://ruangkreasikita.blogspot.co.id/2014/03/kurikulum-2013-langkah-langkah-umum.html

https://elearningindustry.com/discovery-learning-model

http://bdksemarang.kemenag.go.id/pendalaman-materi-mata-pelajaran-bahasa-inggris-sma-ma

http://ruangkreasikita.blogspot.co.id/2014/03/kurikulum-2013-langkah-langkah-umum.html

https://arinil.wordpress.com/tag/tujuan-pembelajaran-bahasa-inggris/

http://www.ekaikhsanudin.net/2014/12/pembelajaran-model-discovery-learning.html

http://samuderabahasainggris.blogspot.co.id/2016/04/expressing-intentions-dalam-bahasa.html

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Hildawati , H. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MATERI EXPRESSING INTENTION DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL DISCOVERYDI KELAS X .IIS.2 MAN 1 KOTA PAYAKUMBUH SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 844–850. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20459

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.