PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Delfi Elmi UPTD SDN 04 Suayan Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat

Keywords:

Kurikulum , Matematika , Picture And Picture.

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dalam kurikulum merdeka. Hal ini karena kemampuan guru dalam mengajar yang belum menerapkan model dan metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif ditengah adaptasi penyempurnaan kurikulum merdeka. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 17 peserta didik terdiri dari 10 laki – laki dan 7 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan di kelas IV UPTD SDN 04 Suayan. Hasil penelitian pada siklus satu diperoleh rata – rata nilai peserta didik pertemuan pertama 73.50 dan 80.25 pada pertemuan kedua. Sedangkan pada siklus kedua diperoleh rata – rata nilai sebesar 87.60 dengan ketuntasan peserta didik 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Picture and Picture dalam mata pelajaran matematika pada kurikulum merdeka di Sekolah Dasar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.

Komara, F. H. T., Putra, Z. H., & Hermita, N. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IVB SDN 136 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3 (2), 146–162. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 3(2), 146-162.

Komariah, S. S., & Nuruddin, M. (2023). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Kurikulum Merdeka. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3549-3557.

Muna, I., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(1), 99-107.

Mutiaramses, M., & Zuryanty, Z. (2023). Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(1), 48-55.

Pertiwi, P. D., Novaliyosi, N., Nindiasari, H., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Guru Matematika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1717-1726.

Praseptia D. & Zulherman Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3(5) 3018-3025

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Elmi, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 124–127. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19679

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.