LEARNING OBSTACLES SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN GEOMETRI

Authors

  • Nelvita Febrina Hasan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sufyani Prabawanto Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19386

Keywords:

Learning Obstacle, Didactical Obstacle, Ontogenic Obstacle, Epistemological Obstacle, Barisan Geometri

Abstract

Barisan geometri merupakan materi yang memerlukan metode penyelesaian yang bervariasi dan tingginya kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan suatu permasalahan barisan geomteri, sehingga guru sering menemukan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa. Kesulitan siswa dapat menunjukkan adanya indikasi learning obstacle yang dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi learning obstacle siswa pada pembelajaran barisan geometri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Partisipan dalam penelitian adalah siswa SMK di Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah siswa SMK mengalami learning obstacle dalam mempelajari barisan geometri. Didactical obstacle yang dialami oleh siswa adalah soal yang diberikan guru kurang bervariasi. Ontogenic obstacle yang dialami oleh siswa adalah siswa tidak paham dan lupa menentukan rasio pada barisan geometri menggunakan konsep rasio, siswa kesulitan membedakan konsep barisan aritmetika dengan barisan geometri, siswa tidak menguasai materi prasyarat. Epistemological obstacle yang dialami oleh siswa adalah siswa kesulitan memilih strategi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan, siswa kesulitan mengidentifikasi pola pada barisan bilangan yang suku-sukunya bukan merupakan bilangan bulat positif.

References

Argarini, D, F. 2018. Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 91-99

Ausubel, D. P. 1962. A Subsumption Theory of Meaningful Verbal Learning and Retention. Journal of General Psychology, 66(2), 213–224.

Brousseau, G. 2002. Theory of Didactical Situations in Mathematics. New York: Kluwer Academic Publishers

Danoebroto, S. W. 2015. Teori Belajar Konstruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, (2)3, 191-198.

Halawa, J. S., Oktaviani, M. H. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal PRIMATIKA, 10 (1), 11-18.

Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. 2020. Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning, 3(3), 283-292.

Hasanah, H., Wibowo, T., & Nugraheni, P. 2020. Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Geometri Menurut Polya. Ekuivalen Jurnal Pendidikan Matematika, 44(1), 1-8.

Klau, Y. E., Garak, S., Samo, D. 2022. Kajian Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama pada Materi Geometri. Fraktal: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3 (1), 1-11.

Nurfauziah, & Zhanthy, L. S. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Bilangan Bulat. Journal On Education, 1 (2), 215-228.

Nurkamilah, M., Nugraha, M.F., & Sunendar, A. 2018. Mengembangkan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia. Jurnal THEOREMES, 2(2), 70-79.

Pirmanto, Y., Anwar, M, F., & Bernard, M. 2020. Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-langkah Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 371-384.

Puteri, L. H. 2018. The Apperception Approach for Stimulating Student Learning Motivation. International Journal of Education, Training and Learning, 2 (1), 7-12.

Suryadi, D. 2018. Ontologi dan Epistemologi dalam penelitian desain didaktis (DDR). In Makalah Bahan diskusi di lingkungan Departemen Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Suryapuspitarini, B.K., Wardono, W., & Kartono, K. 2018. Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876-884.

Suryadi, D. 2019. Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: Gapura Press.

Wulandari, M., & Setiawan, W. 2021. Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan pada Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(3), 571-578.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Hasan, N. F., & Prabawanto, S. . (2023). LEARNING OBSTACLES SISWA SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BARISAN GEOMETRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1–7. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19386

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.