REALISTIC MATHEMATICS LEARNING TO TEACH NEGATIVE NUMBER COUNTING OPERATIONS
Keywords:
Realistic Mathematics Learning, Conventional Learning, Learning Outcomes, Integers.Abstract
Abstract The objective of this study is to investigate the impact of incorporating actual mathematics learning on student academic achievement in the domain of whole numbers. The present study employs a Posttest-Only Control Group Design for the purpose of conducting research. The participants of this study consist of two groups: class VII A, which serves as the experimental group and comprises 22 students, and class VII B, which serves as the control group and consists of 22 students. These groups were selected from SMP Negeri 6 Langowan during the 2022 academic year. The data collected were derived from the posttest outcomes in both the experimental and control groups. The experimental group exhibited an average learning outcome of 77.3, whereas the control group demonstrated an average learning outcome of 51.4. The normality test for the data is satisfied when the data follows a normal distribution. The data analysis yielded results with a significance level of 0.05, where the calculated t-value (tcount) was 7.1039, which is greater than the critical t-value (ttable) of 1.6819. The findings of this study indicate that students who employ a realistic mathematical approach to integer material exhibit superior learning outcomes compared to those who utilize standard learning methods.References
Alimuddin, R. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Kooperatif Materi Lingkaran pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 SATAP Ma’rang. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, FMIPA).
Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(1), 1-19.
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022, May). Peran guru dalam menghadapi tantangan implementasi merdeka belajar untuk meningkatkan pembelajaran matematika pada era omicron dan era society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1, No. 1, pp. 75-87).
Anhar, H. (2013). Interaksi Edukatif Menurut Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 13(1), 28-41.
Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna dengan Pendekatan Kontektual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 2(2), 105-120.
Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49-61.
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2019). Implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 1(1b).
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa: ditinjau dari kategori kecemasan matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24-32.
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-16.
Fahrudin, F. (2018). Pembelajaran Problem Solving Modifikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Febriyanti, C., & Irawan, A. (2017). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1).
Firdaus, R. A. (2023). Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Kecerdasan Intelektual:(The Understanding of Mathematical Concepts Based on Learning Styles and Intellectual Intelligence). Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 2(1), 19-24.
Hamdani, M. S., & Wardani, K. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournamen (TGT) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas 5 untuk Peningkatan Keterampilan Kolaborasi. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 431-437.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189.
Hanifulany, N. H. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dimodifikasi Dengan Penemuan Terbimbing Pada Materi Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Kemampuan Memori Siswa Kelas Viii Semester I Smp N 16 Surakarta.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94-106.
Hidayati, M. (2014). Pengaruh Teknik Mencatat Menggunakan Peta Pikiran (Mind Map) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SD Pada Aspek Elaborasi.
Holisin, I. (2016). Pembelajaran matematika realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 7(3).
Igirisa, N. (2017). Pengaruh Model Flipped Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pascasarjana, 2(1).
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project-based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal pendidikan biologi, 7(1), 9-21.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Ismail, R. N., & Mudjiran, N. (2019). Membangun karakter melalui Implementasi Teori Belajar behavioristik pembelajaran matematika berbasis kecakapan abad 21. Menara Ilmu, 13(11).
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191-202.
Kaunang, D. F. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika Materi Persamaan Garis Lurus di SMP Kristen Tomohon. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 307-314.
Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai pendekatan pembelajaran IPA modern pada Kurikulum 2013. Prosiding Kpsda, 1(1).
Kulsum, U., & Nugroho, S. E. (2014). Penerapan model pembelajaran cooperative problem solving untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi ilmiah siswa pada mata pelajaran fisika. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).
Kurnianingtyas, P. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV SDN Kesamben Wetan, Driyorejo-Gresik. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 139-151.
Mansur, N. (2018, February). Melatih literasi matematika siswa dengan soal PISA. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 140-144).
Maslukiyah, N., & Rumondor, P. (2020). Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(1), 97-110.
Mubarok, I., Nana, N., & Sulistyaningsih, D. (2020). Analisis Penerapan Model Pembelajaran POE2WE Berbasis Hands On Activity Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(02), 104-111.
Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.
Nurhalimah, S., Salim, I., & Imran, I. (2015). Keterampilan Guru Sosiologi Dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(5).
Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan kepercayaan diri siswa SMP melalui pendekatan open ended. Prisma, 6(2), 119-131.
Pasaribu, K. A. (2017). Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada kelas viii mts Al-Washliyah Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Pratiwi, D. (2023). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar. Proceedings Series of Educational Studies, 178-184.
Prijanto, J. H., & De Kock, F. (2021). Peran guru dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dengan menerapkan metode tanya jawab pada pembelajaran online. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238-251.
Rahmawati, F. (2013). Pengaruh pendekatan pendidikan realistik matematika dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Prosiding Semirata 2013, 1(1).
Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI). Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 4(1).
Sarwoedi, S., Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. N. (2018). Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171-176.
Sartika, I. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pendekatan Matematika Realitik di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101.
Silalahi, J. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pengelasan Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Pada Siswa Kelas XI TP SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral Dissertation, UNIMED).
Sinaga, K. E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Penalaran Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Dan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Pokok Trigonometri Di Kelas X SMAS Muhammadiyah 8 Kisaran Tahun Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Surat, I. M. (2016). Pembentukan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 57-65.
Sundawan, M. D. (2016). Perbedaan model pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran langsung. LOGIKA Jurnal Ilmiah Lemlit Unswagati Cirebon, 16(1).
Suparni, S. (2015). Demonstrasi benda konkrit dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 3(2), 129-141.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rosiah Juliati Pulukadang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.