PERAN POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA

Authors

  • Naufal Adam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Fibi Adistiya Awali Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19283

Keywords:

Pola Asuh, Karakter, Pendidikan; Orang Tua

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki korelasi dengan pembentukan karakter anak. Orang tua di  Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo  memiliki  latar belakang budaya dan pendidikan yang berbeda-beda sehingga diasumsikan berdampak pada pola asuh yang diberikan. Hal ini memotivasi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai peran pola asuh dalam pembentukan karakter anak ditinjau dari tingkat pendidikan orang tua. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap perkembangan kepribadian anak di Desa Tieng. Metide penelitian ini ialah Etnografi deskriptif, yang sering disebut dengan penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokukentasi dan wawancara kepada empat informan. Data yang diterima kemudian dianalisis secara mendalam. Berdasarkan temuan, terdapat berbagai jenis gaya pengasuhan, antara lain Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa bentuk pola asuh orang tua yaitu Authoritarian, Authoritatif, Permisive, dan Uniloved. Peranan orang tua dalam pembentukan karakter anak yaitu memberikan contoh kepada anak, membiarkan anak menjadi dirinya sendiri, memberi pengawasan dan arahan kepada anak. Sedangkan pada factor penghambat pembentukan karakter anak meliputi faktor internal dan eksternal.

References

Admin. (n.d.). Sejarah Desa Tieng. diakses melalui https://tiengkejajar.wonosobokab.go.id/postings/details/945/Sejarah_Desa.HTML tanggal 15 Juli 2023

Adnan, M. (2018). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak dalam Pendidikan Islam. Jurnal?: Studi Keislaman, 4(1), 70.

Andriyani, I. N. (2018). Pendidikan Anak Dalam Keluarga di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 270.

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 5(1), 70.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421

Cholifah, T. N. (2016). Pengaruh Latar Belakang Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. Jurnal Pendidikan?: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 487.

Dacholfany, I. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam (1st ed.). Amzah.

Izzatullaili Nadhifah. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio, 1(7), 1.

Jaja Suteja. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Islam ( Pemikiran Al-Ghozali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah ). Jurnal Tadrib, 3(2), 199.

Luh, N., Windayani, I., Teguh, K., & Putra, H. (2021). Pola Asuh Otoritatif Untuk Membentuk Karakter Anak. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 73–82. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/download/1798/1459

Mahmud. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga (1st ed.). Akademik Permata.

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122

Noor Baiti. (2020). Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Edukasi AUD, 6(1), 1.

Putra, D. L. (2020). Gaya Asuh dan Pengaruhnya Kepada Perkembangan Anak. Jurnal?: Psikologi UGM.

Simpuru, B. (2021). Peran Orangtua dalam Membentuk Karakter Anak di era Milenial ( Studi Kasus Kec. Tempe Kab. Wajo ). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sobur, A. (1987). Pembinaan Anak dalam Keluarga (1st ed.). Gunung Mulia.

Tamara Shoppia. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pola Asuh Pendidikan Anak Usia Dini di RA ARROFROF. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1.

Tarigan, A. N. dan A. A. (2006). , Hukum Perdata Islam di Indonesia Studi Kritis Perkembangan Hukum Islam dari Fiqih UU No. 1/1974 sampai KHI Edisi 1. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Adam, N. ., & Awali, F. A. . (2023). PERAN POLA ASUH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 25–45. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19283

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.