PEMBERDAYAAN ORANGTUA DALAM MENGENALKAN FINANCIAL LITERACY PADA ANAK PRA SEKOLAH

Authors

  • Tiara Juliana Jaya Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Sandy Tegariyani Putri Santoso Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19277

Keywords:

Kecakapan Financial Literacy; Orangtua Siswa; Anak Pra Sekolah

Abstract

Financial literacy merupakan salah satu bentuk kecakapan hidup yang menacakup cara menggunakan sumber daya keuangan dengan bijak. Financial litarcy perlu diberikan sejak usia pra sekolah agar anak dapat mencapai kesejahteraan hidup di usia dewasa.  Kecakapan tentantang financial literacy pada anak usia dini perlu melibatkan orangtua sebagai orang yang paling terlibat dengan anak serta memiliki pengaruh langsung terhadap kondisi finansial pada anak. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode participatory action research yang melibatkan secara aktif orangtua siswa di RA Sunan Ampel 02.Kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui tahapan identifikasi masalah, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Hasil eevaluasi menunjukkan setelah mengikuti kegiatan pengabdian orangtua mememahami manfaat, ruang, lingkup, serta bagaimana cara membelajarkan financial literacy pada anak anak usia pra sekolah.

References

Irbah, A. N., Munastiwi, E., Riyadi, A. S. M., & Binsa, U. H. (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Financial Education Pada Anak Usia Dini. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i2.4313

OJK. (2022). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx

Oktaviani, R. F., Meidiyustiani, R., Qodariah, Q., & Iswati, H. (2022). Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p14-28

Santi, F., Anggraeni, A. Y., Nauvalita, R. A. W., & Maharani, D. S. (2022). Pengenalan Literasi Keuangan Sejak Dini Bagi Wali Murid di TK Harmoni Kota Blitar. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i3.4399

Santoso, S. T. P., & Jaya, T. J. (2023a). Peran Orangtua untuk Menstimulasi Literasi Permulaan pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18707

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Jaya, T. J., & Santoso, S. T. P. . (2023). PEMBERDAYAAN ORANGTUA DALAM MENGENALKAN FINANCIAL LITERACY PADA ANAK PRA SEKOLAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 659–663. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19277

Similar Articles

<< < 161 162 163 164 165 166 167 168 169 170 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.