PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA SMA ISLAM 1 SURAKARTA

Authors

  • Arey Dela Viesta Universitas Sebelas Maret
  • Soetarno Djoyoatmojo Universitas Sebelas Maret
  • Sudarno Sudarno Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18983

Keywords:

Kemampuan Critical Thinking, Model Pembelajaran CORE, Video Animasi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peningkatan critical thinking siswa melalui penerapan model pembelajaran CORE berbantuan video animasi di SMA Islam 1 Surakarta. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas Subjek penelitian ini berjumlah 21 siswa kelas XI IPS 2 SMA Islam 1 Surakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan wawancara guna mengetahui aktivitas belajar siswa dan guru. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CORE berbantuan video animasi dapat meningkatkan critical thinking siswa. Peningkatan critical thinking dapat terlihat saat siklus I, persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 52,6% dan pada siklus II sebesar 77,8%.

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 6(1), 45-53.

Anisah, A. S., & Maratusholihah, M. (2023). Meningkatkan pemahaman konsep ips melalui penerapan model CORE (connecting, organizing, reflecting, and extending). Jurnal Pendidikan UNIGA, 17(1), 761-779.

Aryati, T. A., Santika, T., & Kartika, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran core (connecting, organizing, reflecting, extending) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa SMP Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) (pp. 517-525).

Ayudia, G., & Mariani, M. (2022). Penerapan model pembelajaran CORE untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP S Methodist Rantauprapat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 1-19.

Bada, S. O., & Olusegun, S. (2015). Constructivism learning theory: A paradigm for teaching and learning. Journal of Research & Method in Education, 5(6), 66-70.

Cahyadi, A. (2019). Pengembangan media dan sumber belajar: Teori dan prosedur (Versi Elektronik). Laksita Indonesia. Diperoleh 28 Desember 2022 dari https://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani%20Cahyadi%20Pengembangan%20Media%20%28book%29.pdf

Cisterna-Zenteno, C., Contreras-Soto, Y., Barrera, S. M., Muñoz, C. C., & Navarrete, D. A. (2022). Undergraduates’ critical thinking skills development through the use of short animated videos during the COVID-19 pandemic electra. Comunicación, 31(2), 35-50.

Djuanda, D., Maulana, Hanifah, N., Sujana, A., Gusrayani, D., Aeni, A. N., et al. (2015). Ragam model pembelajaran di Sekolah Dasar (Versi Elektronik). UPI Sumedang Press. Diperoleh 9 Januari 2023 dari https://books.google.co.id/books?id=JBtMDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Dwijananti & Yulianti. (2010). Pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran problem based instruction pada mata kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan software powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem persamaan linier dua variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 2(1), 1-13.

Ermayanti & Sulisworo. (2016). Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah penerapan model pembelajaran student team achievement divisions (STAD) pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Prosiding Seminar Nasional Quantum. (Vol.1, pp. 175-181).

Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 1(1), 1-23.

Haryadi, R., Prihatin, I., Oktaviana, D., & Herminovita, H. (2022). Pengembangan media video animasi menggunakan software powtoon terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 11(1), 11-23.

Kalelio?lu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 248-258.

Miller, R. G., & Calfee, R. C. (2004). Making thinking visible: A method to encourage science writing in upper elementary grades. Science and Children, 42(3), 20-25.

Nurbillah, Z., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting, extending) berbantuan media digital terhadap hasil belajar IPA di SDN Cijantung 06. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 180-191.

Partnership for 21st Century Skills (2019). P21 Framework Definitions, 2-9. Diperoleh 2 Januari 2023 dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED519462.pdf

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13 (1), 2239-2253.

Satriani, G. A. N. D., Dantes, D. N., & Jampel, I. N. (2015). Pengaruh penerapan model core terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan kovariabel penalaran sistematis pada siswa kelas III Gugus Raden Ajeng Kartini Kecamatan Denpasar Barat. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1), 1-10.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories an educational perspective. Pearson Education, Inc. Diperoleh 6 Februari 2023 dari

https://scholar.alaqsa.edu.ps/9703/1/Learning%20Theories_%20An%20Educational%20Perspective%2C%206th%20Edition%20%28%20PDFDrive%20%29.pdf

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88-97.

Suhendi, A. (2018). Constructivist learning theory: The contribution to foreign language learning and teaching. KnE Social Sciences, 3(4), 87-95.

Suprianti, G. A. P. (2020). Powtoon animation video: A learning media for the sixth graders. VELES (Voices of English Language Education Society), 4(2), 152-162.

Udyani, K. R., Gita, I. N., & Suryawan, I. P. P. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran CORE berbantuan masalah terbuka terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 9(1), 54-62.

Yampap, U., & Bay, H. R. (2020). Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 3(1), 57-64.

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Viesta, A. D. ., Djoyoatmojo, S. ., & Sudarno, S. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA SMA ISLAM 1 SURAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 390–397. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18983