UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BOLA BESAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V DI SD NEGERI 1 SUMOROTO

Authors

  • Ellang Dafa Novan Sahara Universitas Negeri Surabaya
  • Cyvensa Rustantia Amenani Universitas Negeri Surabaya
  • Bayu Krisdiantoro Universitas Negeri Surabaya
  • Sapto Wibowo Universitas Negeri Surabaya
  • Gde Nugrah Pratama Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28392

Keywords:

Problem Base Learning, Sepak Bola, Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran serta  untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di kelas dan meningkatkan kemampuan  guru dalam pengembangan profesinya. Serta dapat meningkatkan pola pikir peserta didik agar berkembang dan sesuai dengan hasil yang di inginkan. Penelitian ini mengenunakan metode belajar Project based learning. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Sebelum dilakukan penelitian, didapatkan hasil belajar dari 25 siswa aktivitas siswa 3 siswa aktif (12 %), 8 siswa cukup aktif ( 32%) dan 15 siswa kurang aktif ( 60%)  pada siklus II aktivitas siswa  yaitu  8 siswa aktif ( 32%) dan 17 siswa cukup aktif ( 68%). Sedangkan mengenai keaktifan guru pada siklus I mendapatkan skor sangat baik (14,28%), baik (45,71%), cukup (17,14%) sedangkan pada penelitian siklus II yaitu sangat baik (42,85%), baik (34,28%), cukup (8,57%) masih belum mampu mencapai KKM.

Downloads

Published

2024-05-17

How to Cite

Sahara , E. D. N. ., Amenani, C. R. ., Krisdiantoro , B. ., Wibowo, S. ., & Pratama, G. N. . (2024). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI BOLA BESAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING KELAS V DI SD NEGERI 1 SUMOROTO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5808–5816. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28392