PENGARUH SOFT SKILL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS

Authors

  • Miranda Chintya Dewi Universitas Sebelas Maret
  • Sudarno Sudarno Universitas Sebelas Maret
  • Fery Setyowibowo Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24882

Keywords:

Soft Skill, Prestasi Belajar, Kesiapan Kerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, (2) pengaruh prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, (3) pengaruh soft skill dan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 166 mahasiswa dan jumlah sampel sebanyak 118 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda.Hasil dalam penelitian ini adalah: Pertama, terdapat pengaruh positif dan signifikan soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 11,060 > t tabel 1,980808. Kedua, terdapat pengaruh positif dan signifikan prestasi belajar terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS yang dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,495 > t tabel 1,980808. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan soft skill dan prestasi belajar secara simultan terhadap kesiapan kerja mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS yang dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 72,096 > 3,08.

References

Aprillia, W. R. (2021). Pengaruh Soft Skills Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Di Universitas Islam Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ayaturrahman, JD, & Rahayu, IR (2023). Dampak soft skill terhadap kesiapan kerja mahasiswa di era industri 4.0. Prosiding Konferensi Nasional Akuntansi & Keuangan (hlm. 169-175)

Bhadraswara, B., & Iqbal, S. (2020). The Influence Of Hard Skill, Soft Skill, and Social Motive On The Work Readiness Of Accounting Students Of Universitas Brawijaya In The Industrial Revolution 4.0 Era. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya Universitas Brawijaya, 8(2).

Caballero, C., & Walker, A. (2010). Work Readiness in Graduate Recruitment and Selection: A Review of Current Assessment Methods. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 1(1), 13-25.

Chan, AS (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir menjadi akuntan publik oleh mahasiswa jurusan akuntansi. Jurnal ilmiah mahasiswa akuntansi , 1 (1), 53-58.

Endrotomo. 2010. Implementasi Pembelajaran Student Center Learning. Makalah disajikan dalam Seminar dalam rangka Implementasi PHK-I di STIE Triatma Mulya Badung. 28 Januari 2010.

Hulu, F., & Rozaini, N. (2020). Pengaruh kreativitas belajar dan soft skill mahasiswa terhadap kesiapan kerja mahasiswa pendidikan bisnis 2016. Niagawan, 9(3), 263–270.

Junaidi Nia, Armida, Dessi Susanti. (2018). Pengaruh Motivasi Memasuki Dunia Kerja Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Ecogen, Volume 1, Nomor 2, Halaman 4018-415.

K Parangin-Angin, S. (2022). Pengaruh Self Efficacy dan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Akhir Angkatan 2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi

Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengaruh soft skill terhadap kesiapan kerja menghadapi masyarakat ekonomi asean pada mahasiswa S1 fakultas bisnis dan ekonomika universitas surabaya. Calyptra, 6(2), 1496-1514.

Purba, J. T (2018) Hubungan Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP di Universitas Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi.

Putra, I., K., D. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi.

Ratuela, Y. R. G., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh hard skill, soft skill dan efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa akhir jurusan manajemen FBE unsrat manado. Jurnal EMBA, 10(1), 172–183

Seetha, N. (2014). Are soft skills important in the workplace?-A preliminary investigation in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4(4), 44.

Sihotang, F. H., & Samuel, D. (2019). Pengaruh prestasi belajar, penguasaan teknologi informasi dan pengalaman organisasi terhadap kesiapan kerja. Ecodunamika, 2(1).

Spencer, L.M., & Spencer, S.M. (1994). Competence at work: Models for superior performance. New York: John Wiley and Sons.

Tandika, P., & Ndijuye, L. G. (2022). The question of university graduates' employability: are the students aware of the employers' preferences. Higher Education, Skills and Work-Based Learning, 12(3), 588-603.

Valid, Yanuar Mipalas & Abdullah Taman (2013). Pengaruh Pengalaman Praktik Industri Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas Xi Program Keahlian Akuntansi Smk Ypkk 2 Sleman Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, Volume 2 No 1 Tahun 2013, hal 161-183

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Dewi, M. C. ., Sudarno, S., & Setyowibowo, F. . (2024). PENGARUH SOFT SKILL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 980–986. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24882