BUDAYA MEMBACA MAHASISWA DITINJAU DARI DUKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BACA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18729Keywords:
Dukungan Keluarga, Minat Baca, Budaya MembacaAbstract
Kegiatan membaca memiliki beberapa manfaat, terutama dalam mendorong kemajuan peradaban suatu bangsa. Namun di Indonesia, belum semua kelompok masyarakat mengadopsi budaya membaca, bahkan kalangan terpelajar seperti mahasiswa pun masih menghadapi krisis terkait hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga dan minat baca terhadap budaya membaca mahasiswa Program Studi Pelayanan Pastoral STP-IPI Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara variabel Minat Baca (X1) dan Dukungan Keluarga (X2) dengan variabel Budaya Membaca (Y), dengan nilai R sebesar 0,736. Uji hipotesis secara simultan (uji-F) menunjukkan variabel Minat Baca (X1) dan Dukungan Keluarga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Budaya Membaca (Y), sig. 0.000 < 0.05, dengan arah positif. Selain itu, uji-t mengungkapkan bahwa minat baca dan dukungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap budaya membaca, dengan sig. nilai masing-masing 0,006 < 0,05 dan 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan bahwa perkembangan budaya membaca dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan minat baca.References
Cahyono, T. (2007). Peran Perpustakaan Dalam Membangun Budaya Membaca Di Masyarakat. Media Pustakawan, 14(1), 25–34. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/download /968/948
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66–70.
Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid?: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10. https://doi.org/10.24127/att.v3i01.973
Hasanah, U. M. U. (2012). Budaya Membaca di Kalangan Anak Muda. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Sejarah, 4. https://core.ac.uk/download/files/478/20325902.pdf
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Kurnianingsih, I., Rosini, Chusri, S., & Wardiyono. (2019). Peningkatan Minat dan Budaya Membaca Melalui Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(1), 1–16.
Laka, L. (2023). Metodologi Penelitian Dengan Pendekatan Kuantitatif Jilid 2. Yogyakarta: Deepublish.
Muktiono, J. D. (2003). Aku Cinta Buku Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Noviandari, A., & Gularso, D. (2022). Budaya Membaca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 276–290. doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2880%0Ap-ISSN:
Pradita, A. A. (2022). Budaya Membaca Di Kalangan Mahasiswa Pgsd (Sebuah Studi Kasus Di Kabupaten Sumedang). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 341–351. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.1976
Purwantara, I. R. (2021). Seni Membaca Buku. Penerbit Andi.
Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.
Rohman, S. (2022). Urgensi Mendongeng dalam Membangun Budaya Membaca pada Anak (Analisis terhadap Ayat-Ayat Al Qur’an terhadap Berkisah). Dimar Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 31–44.
Saepudin, E. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 271–282. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/477108
Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di SD Negeri. Prosiding TEP & PDs, 4(1),88–96.http://dx.doi.org/10.1016/bs.ampbs.2017.04.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016 /j.arabjc.2013.08.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.chemosphere.2013.01.075%0Ahttp://www.pnas.org/cgi/doi/10.1073/pnas.0308555101%0Ahttp://www.treemediation.com/technical/phytoremed
Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33
Zahrani, D., Istiningsih, S., & Nurwahidah. (2022). Strategi Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 106–111.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Laurensisus Laka
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.