KENDALA GURU BK DALAM PEMBERIAN LAYANAN KONSELING DI SEKOLAH SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18590Keywords:
Guru BK, Kendala, Layanan, Sarana dan PrasaranaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan program BK yang ada disekolah, pelaksanaan layanan BK disekolah, kendala guru BK dalam memberikan layanan konseling, dan sarana prasarana yang mendukung pelaksanaan layanan BK disekolah. Dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif melalui jenis penelitian studi kasus. Data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Subjek penelitian utamanya adalah guru BK SMK Pariwisata Imelda Medan, dengan objek penelitian sarana dan prasarana BK di sekolah tersebut. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwasanya guru BK di SMK Imelda Medan tidak memiliki program layanan BK untuk melaksanakan BK di sekolah, hal itu menjadi kendala bagi guru dalam pemberian layanan BK di sekolah secara efektif dan efisien. Hal ini juga dipengaruhi oleh sarana dan prasarana serta pembiayaan BK yang tidak memadai.References
Adityara, S., & Rakhman, R. T. (2019). Karakteristik Generasi Z dalam Perkembangan Diri Anak Melalui Visual. Seminar Nasional Seni Dan Desain 2019, Surabaya, Indonesia, September 2019, September, 401–406.
Daniati, N., Handayani, D., Yogica, R., & Alberida, H. (n.d.). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Padang tentang Materi Pencemaran Lingkungan Analysis Of Critical Thinking Skill Level Of Students Smp Negeri 2 Padang about Environmental Pollution. 1–10.
Hidayanti, D., As’ari, A. R., & Daniel, T. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Krirtis Siswa SMP Kelas XI Pada Materi Kesebangunan. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016, Knpmp I, 276–285.
Ismail, D. H., & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–116. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005
Retno, E. W., Rochmad, & St. Budi Waluyo. (2018). Penilaian Kinerja Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar NasionalMatematika,1,522–530. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20134/9545
Sari P, & Yarza H. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Dan Wordwall Pada Pembelajaran Ipa Bagi Guru-Guru Sdit Al-Kahfi. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013
Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Widoretno, S., Setyawan, D., Mukhlison. (2021). Efektifitas Game Edukasi sebagai Media Pembelajaran Anak. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional 2021, Vol. 1, 287–295.
Wildan, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Gaull ( Game Edukasi Wordwall ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sdit Bina Insani Kabupaten Serang ( The Effectiveness of using GAULL ( Wordwall Education Game ) to Improve 5 th Grade Students Learning Outcomes a. 10(1), 9–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ajeng Rindayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.