PRAYITNO; PENERAPAN PEMIKIRANNYA PADA SEKOLAH PPSP IKIP PADANG DAN SEKOLAH PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP 1974-2014
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18541Keywords:
Konselor, Karya, Sekolah, Inovasi, SiswaAbstract
Kepemimpinan kharismatis adalah kepemimpinan yang berdasarkan kepercayaan, kepatuhan, dan kesetiaan para pengikutnya. Ini timbul dari kepercayaan yang penuh kepada pemimpin yang dicintai, dihormati dan dikagumi. Hal yang menarik dari Prayitno adalah, selain sebagai dosen yang mengajar bimbingan konseling di IKIP Padang dengan mobilitas kesibukkan yang tinggi, Prayitno masih bersedia untuk mengelola sekolah di dua periode yang berbeda yaitu: PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) dan sekolah pembangunan KORPRI UNP. Hal yang menarik lainnya dari Prayitno sebagai Direktur sekolah pembangunan laboratorium UNP adalah pendekatannya yang humatistik dalam pengembangan dan peningkatan mutu sekolah. Fakta ini dapat dilihat dengan hubungan harmonis antara dewan direktur sekolah pembangunan laboratorium dengan kepala sekolah dan guru-guru yang mengajar pada sekolah laboratorium UNP (SD, SMP, SMA). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan bagaimana penerapan pemikiran Prayitno di PPSP IKIP Padang dan sekolah pembangunan laboratorium UNP (1974-2014). Metode yang digunakan adalah metode sejarah yang meliputi heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Selain sumber tertulis, data juga didapat melalui sumber lisan, yaitu mewawancarai orang-orang yang dekat dan mengetahui tentang kehidupan seorang Prayitno. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh informasi bahwa Prayitno lahir pada tanggal 21 Desember 1940. diSidareja, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. beberapa inovasi yang dilakukan Prayitno sewaktu menjadi Direktur sekolah pembangunan laboratorium UNP adalah: LWS (Lingkar Wilayah Sekolah), Jurusan Bahasa di SMA Pembangunan laboratorium UNP, Pemberian Reward Bagi siswa yang berprestasi, Ideologi Lima-i dalam proses pembelajaran, langkah-langkah yang dikembangkan Prayitno dalam pembelajaran tidak menolak prosedur pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, bagi pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.References
Arief Fuchan dan Agus Maimun. Studi Tokoh. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar:2005)
Blocher, Donald H Developmental Counseling. 2nd ed. (New York: John Wiley & Sons 1974)
Fromm, Erich & Xirau, Ramon. (1968). The Nature of Man. Toronto: Macmillan Co.
Iancraib, Teori-Teori Sosial Modern (Jakarta: PT Rajawali, 1986)
Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra ( Jakarta : CAPS, 2011)
Sartono, Kartodirjo. Pendekatan Ilmu-Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah (Jakarta: Gramedia, 1993)
Kuntowijoyo. Metodologi Sejarah:edisi kedua, (Jakarta: Tiara Wacana, 2003)
Lilis Satriah, Bimbingan Konseling Pendidikan, (Bandung: Tim Mimbar Pustaka, 2016)
Marjohan, dkk Prayitno Dalam Ranah Konseling dan Pendidikan, Padang: UNP Press, 2012.
Maliki, Zainuddin, Narasi Agung Tiga Teori Sosial Hegemonik, (Surabaya: Lembaga Pengkajian Masyarakat (LPAM), 2004)
Nezarpatria & Andiarief, Antonio Gramsci Negara & Hegemoni, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Ritzer, George, Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern (Yogyakarta: PustakaPelajar, 2012)
Rogersimon, Gagasan-Gagasan Politik Gramsci, (Yogyakarta: Pustaka Pelajaran,1999)
R.Z. Leirissa.1983. Pemikiran Biografi dan Kesejahteraan Suatu Kumpulan dan Prasarana Pada Berbagai Lokarya. Jakarta: Depdikbud
Sartono Kartodirjo.1993.Pendekatan Ilmu-Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia
Susanto, Dwi. 2012. Pengantar Teori Sastra ( Jakarta : CAPS, 2011)
Syahril dan Riska Ahmad. Pengantar Bimbingan dan Konseling, (Padang: Angkasa Raya.1987)
Suninditia & Widiyanti, Nanik, Kepemimpinan dalam Masyarakat Modern (Jakarta:Rineka Cipta, 1993)
Prayitno, dkk. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Depdiknas.
Prayitno. 2008. Mengatasi Krisis Identitas Profesi Konselor. Padang: UNP Press Padang
Prayitno, 2011, Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa, Grasindo Jakarta
Prayitno, 2011, Wujud Penghayatan dan Pengalaman Nilai-Nilai Karakter Cerdas, UNP Press Padang
Prayitno, 2011, Arah ke Untuk Kemaslahatan dan Kemajuan Umat Berkarakter Cerdas, Universitas Negeri Padang
Prayitno, IQRA, 2012, Jalan Untuk Kemashalatan dan Kemajuan Umat Berkarakter Cerdas, Padang: Universitas Negeri Padang
Prayitno, 2021, Paradigma Pendidikan, Rajawali Press, Depok
Prayitno, 2022, Kurikulum Merdeka dalam Proses Pembelajaran, Rajawali Press, Depok
Prayitno, 2022, Kehidupan Manusia Satukan Dunia dan Akhirat Sekarang Juga, Raja Grafindo, Depok
Prayitno dan Erman Amti. 1995, Dasar-Dasr Bimbingan dan Konseling, Dikti Jakarta
Prayitno, Moh. Ansyar, Aljufri B.S, 2007, Studi Pengembangan Aplikasi High-Touch dan High Tech dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Padang: Pasca Sarjana, UNP
Prayitno, Sunaryo Karta Dinata, 2002, Profesi dan Organisasi Profesi Bimbingan dan Konseling. Ditjen Dikdasmen, Dit.SLTP, Jakarta
Prayitno, 1997. Seri Pemandu Pelaksanaan Pelayanan dan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Buku III: Sekolah Menengah Atas (SMA), PT Sumber Daya MIPA, Jakarta
Prayitno, 1997, Seri Pemandu Pelaksanaan Pelayanan dan Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Buku IV: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), PT Sumber Daya MIPA, Jakarta
Prayitno, 1998, Konseling Panca Waskita Kerangka Konseling Elektik, Program Studi Bimbingan dan Konseling, FIP Universitas Negeri Padang
Prayitno, 2000, Spektrum Pelayanan Konseling, Padang: Program Studi Pendidikan Profesi Konselor, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.
Prayitno, 2001, Alat Ungkap Masalah (AUM) Seri PTSDI, Form.3: SLTP, Juursan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.
W.S Winkel.1997.Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Zainuddin Maliki, Narasi Agung Tiga Teori Sosial Hegemonik, (Surabaya: Lembaga Pengkajian Masyarakat (LPAM), 2004)
Zed, Mestika, Metodologi Sejarah, (Jurusan Sejarah FIS UNP, 1999)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adityodehaal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.