PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BUSY FILE DI TK AT TAQWA SURABAYA

Authors

  • Arini Saputri Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18428

Keywords:

Motorik Halus, Busy File

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya kemampuan motorik halus anak karena kurangnya stimulus yang diberikan pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media Busy File mampu meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK At Taqwa Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. penelitian ini terdiri dari prasiklus, siklus I, siklus II. Pada siklus I dan II terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini berjumlah 23 anak di TK At Taqwa Surabaya. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian pada prasiklus sebesar 43,2% dilanjutkan pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 57,3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 78,3%. Sehingga dapat disimpulkan jika media Busy File mampu meningkatkan kemampuan motoric harus anak usia 5-6 tahun di TK At Taqwa. 

References

Afandi, A. (2019). Buku Ajar Pendidikan dan Perkembangan Motorik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Annisa, K., & Fauziddin, M. (2019). Bermain Menggambar Dekoratif untuk Meningkatkan

Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(1), 45–51.

Erna, K. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce Dengan Media Manik-Manik Di Kelompok B Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Bromo Medan. Jurnavolume.

Fajarwati, A., Setiawati, E., & Yusdiana, Y. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN SENI RUPA PADA ANAK USIA DINI.

JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(1), 15–25.

Fitria, D., Wulan, D. S. A., & Yarshal, D. (2018). Pengaruh kegiatan handicraft terhadap motorik halus anak TK Kelompok B Di TK Karunia kecamatan tuntungan. Jurnal Tarbiyah, 25(2).

Listiadi, B. M. (2019). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Ditinjau Dari Pembelajaran Sentra Gerak Di PAUD Taman Belia Candi Semarang. Skripsi). Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan PGPAUD.

Nurwita, S. (2019). Pemanfaatan Media Puzzle dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak di PAUD Aiza Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 803–810.

Pramesty, D. A. (2017). Penerapan Melipat, Menggunting, Menempel (3M) dalam Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 3(1).

Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100.

Putri, R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Kolase Bahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322.

Sari, D. A., & Adhe, K. R. (2019). Evaluasi Program Pengembangan Motorik Halus Pada Anak Kelompok A Tk Taman Ananda Wiyung Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 8(3).

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wisudayanti, K. A. (2020). PENINGKATAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Widya Kumara: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 59–67.

Yuningsih, A., & Hasanah, U. (2018). Penggunaan Playdogh Dalam Mengembangkan Motorik Halus. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 117–128.

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Saputri, A. ., & Adhe, K. R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA BUSY FILE DI TK AT TAQWA SURABAYA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 587–594. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18428