MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS TEORI BELAJAR BRUNER
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.18371Keywords:
Metode, Hasil Belajar, Teori Bruner.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakngi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada siswa di SDN 2 Purwodadi. Penelitian ini bertujuan melihat peningkatan hasil belajar matematika pada siswa di SDN 2 Purwodadi melalui penerapan model pembelajaran matematika realistik berbasis teori belajar Bruner. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa dari hasil tes. Sedangkan data kualitatif untuk data aktivitas pembelajaran dari aktivitas siswa dan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dari sebelum diterapkan pembelajaran matematika realistik berbasis teori Bruner yaitu 20,8% siswa yang tuntas dengan rata-rata nilai 56,3 mengalami peningkatan pada siklus I dan II. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal siswa mencapai 50% dengan nilai rata-rata kelas 63,3 dan pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu mencapai 70% karena sudah mencapai 79,2% dengan nilai rata-rata kelas 75,4. Diharapkan para guru dapat menggunakan metode pembelajaran disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan agar dapat meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.References
Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: DIRJEN DIKTI.
Dimyanti dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamaludin. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didikkelas X-ATPH SMK Negeri 1 Gunungsitoli Utara. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18278/13363.
Lasmawan. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup kelas VII SMPN 1 Ambalau. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18144/13250
Wardhani, IGAK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Novita Dwi Astuti, Srikandi Octaviani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.