ANALISIS PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER YANG SESUAI DENGAN NILAI-NILAI PANCASILA DI SDN 064966 MEDAN PERJUANGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17578Keywords:
Analisis, Peran Guru, Peran Orang Tua, Membentuk Karakter, Nilai-Nilai PancasilaAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dan orangtua dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila di SDN 064966 Medan Perjuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis peran guru dan orangtua dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, yang berfokus pada butir-butir pengamalan nilai sila kedua Pancasila. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini berjumlah 4 guru dan 20 orangtua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa penyebaran angket/kuesioner yang berjumlah 22 butir pernyataan yang sudah divalidkan dengan dosen ahli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek peran guru masuk kedalam kategori sangat tinggi dengan persentase 99% dan pada aspek peran orangtua dengan persentase 92% masuk pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa baik guru maupun orangtua siswa kelas V di SDN 064966 Medan Perjuangan dalam membentuk karakter siswa sangat berperan aktif dan sadar akan perannya. Disarankan kepada guru maupun orangtua untuk mempertahankan dan menjalankan perannya dengan sangat baik dalam membentuk karakter siswa.References
An'Umillah, A. N. (2021). Pentingnya Peran Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Karakter Remaja Pada Era Globalisasi Dan Disrupsi. Harmony, 35-41.
Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayah, N. (2019). Studi Kasus Perilaku Menyimpang Pada Siswa Kelas 6 Di SD Negeri 01 Jagoi Babang. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 189-197.
Kaelan, & Zubaidi, A. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma.
Karo-Karo, D. (2013). Membangun Karakter Anak Dengan Mensinergikan Pendidikan Informal Dengan Pendidikan Formal. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed Vol. 1 No. 2, 1-13.
KPAI, T. (2020). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak Di Awal 2020. Bandung: KPAI.
Pusdatin. (2021, Maret 23). Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Diambil Kembali Dari Pentingnya Pengamalan Pancasila Sila Ke-2 Di Lingkungan Masyarakat: Https://Bpip.Go.Id/Berita/991/582/Pentingnya-
Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sugiono. (2009). Metode Penelitian Kuantitaitf, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmadinata, N. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eva Betty Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.