MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 08 SALIMPAUNG

Authors

  • Mailiarni Mailiarni Guru Sekolah Dasar Negeri 03 Salimpaung, Tanah Datar, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1537

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Penjumlahan dan Pengurangan.

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia sekolah dasar berada dalam tahap operasi konkrit, untuk itu pembelajaran di sekolah hendaknya mampu menjembatani siswa dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang abstrak melalui benda-benda konkrit. Rendahnya kemampuan dan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 08 Salimpaung dalam operasi penjumlahan dan pengurangan menjadi latar belakang penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dala dua siklus. Setiap sikus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 19 orang, dengan siswa laki-laki 11 orang dan siswa perempuan 8 orang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dengan menggunakan benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pokok penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SD Negeri 08 Salimpaung. Pada siklus I hasil ketuntasan belajar pada materi penjumlahan dan pengurangan berada pada persentase 52.53% dan peningkatan pada siklus II dengan persentase 84.21%.

Author Biography

Mailiarni Mailiarni, Guru Sekolah Dasar Negeri 03 Salimpaung, Tanah Datar, Sumatera Barat

Guru Sekolah Dasar Negeri 03 Salimpaung, Tanah Datar, Sumatera Barat

References

Abi Manyu, Soli (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Arikunto, Suharsimi (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto (2009). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta

Heruman (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rafki Nasuha Ismail, Mudjiran, Neviyarni (2019). Membangun Karakter Melalui Implementasi Teori Belajar Behavioristik Pembelajaran Matematika Berbasis Kecakapan Abad 21. MENARA Ilmu, Vol 13, No 11 DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v13i11.1649

Risnawati (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Sarumaha, R., Harefa, D., & Zagoto, M.M. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep geometri Transformasi Refleksi Siswa Kelas XII-IPA-B SMA Kampus Telukdalam Melalui Model Pembelajaran Discovery learning Berbantuan Media Kertas Milimeter. Jurnal Education and development, 6 (1); 90-96. Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Tedjasaputra, Mayke S (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta : Grasindo

Yamin, M (2013), Strategi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran, GP Press Group, Jakarta

Zagoto, Maria M., Nevi Yarni & Dakhi, O (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 259-265.

Zagoto, Maria M. & Dakhi, O (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 157-170.

Zagoto, Maria M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Realistic Mathematic Educations Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar, Jurnal Education And Development, vol. 3, no. 1, p. 53, Feb. 2018.

Downloads

Published

2020-12-31

How to Cite

Mailiarni, M. (2020). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 08 SALIMPAUNG. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 426–430. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1537