PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS HOTS

Authors

  • Fifit Firmadani Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar
  • Mashud Syahroni Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1293

Keywords:

Pengembangan, Modul, HOTS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matakuliah Manajemen Pendidikan berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) dan mengetahui kelayakan modul Manajemen Pendidikan yang digunakan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang merujuk pada model pengembangan 4D dari Thiagarajan, dengan langkah-langkah yang digunakan adalah (1) tahap pendefinisian (define), (2) tahap perencanaan (design), (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap diseminasi (disseminate). Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan validasi oleh ahli materi dan ahli media serta uji coba pengguna yaitu mahasiswa. Pada penelitian ini, tahap pengembangan hanya dilakukan oleh ahli materi dan media saja, karena pelaksanaan perkuliahan masih berlangsung secara online sehingga belum dilakukan uji coba pengguna oleh mahasiswa. Hasil penelitian didapatkan skor presentase dari ahli media yaitu sebesar 78,34% termasuk kategori layak. Skor presentase dari ahli materi 1 sebesar 73,33% termasuk kategori layak, skor presentase dari ahli materi 2 sebesar 78,66% termasuk kategori layak. Gabungan rata-rata penilaian dari ahli materi 1 dan ahli materi 2 mendapatkan skor presentase 75,99% termasuk kategori layak. Berdasarkan hasil yang didapatkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul Manajemen Pendidikan berbasis HOTS masuk kategori layak dari segi ahli media dan ahli materi untuk digunakan dalam pelaksanaan perkuliahan Manajemen Pendidikan.

Author Biographies

Fifit Firmadani, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar

Mashud Syahroni, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Tidar

References

Arifin, Zaenal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineke Citra

Bawamenewi, Aruzatulo. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memparafrasekan Puisi “AKU” Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 310-323

Daryanto. (2013). Menyusun Modul:Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: PT. Gava Media.

Depdiknas. (2004). Pedoman Khusus Penyusunan Modul Sekolah Menengah Atas. Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Depdiknas

Herliana, Shinta. (2019). Dampak Media Pembelajaran Terhadap Nilai Belajar Peserta Didik Kelas 6 Di SD Negeri Ledok 06 Salatiga. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 153-158

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-12-23