PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 007 PULAU LAWAS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1221Keywords:
Peningkatan, Keterampilan Berbicara, Media GambarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 14 orang, dengan jumlah laki-laki 6 orang, dan siswa perempuan berjumlah 8 orang siswa. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas. Pada siklus I hasil keterampilan berbicara siswa tergolong kurang dengan persentase 50%. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 92.85% dengan katagori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas Tahun ajaran 2020/2021.References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad, (2014). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta : Erlangga.
Depdiknas. (2001). Pembelajaran Efektif. Depsiknas Jakarta.
Emiliana. (2013). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Media Gambar Di Kelas V SDN 04 hulu Sungai Ketapang. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak .
Fauziddin. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 3 Nomor. 936-945
Nurgiyantoro, B. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Mufarizuddin. (2017). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Alat Peraga Pada Pembelajaran IPA Dikelas V SD. Jurnal Sekolah (JS). Volume 1 Nomor 2. 28-32
Pujiono. S . (2013). Terampil Menulis: Cara Mudah dan Praktis dalam Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rizal, M. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Strujtural Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Siswa Kelas 1 SDN 81 Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP). Volume 2 Nomor 2.
Sudijono. A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kunatitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Tarigan, H.G. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV. Angkasa.