Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar

Authors

  • Vita Oktarina Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rila Rahma Mulyani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9359

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional peserta didik kelas XI SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di kelas XI IPA SMAN 1 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan rancangan pre experimental dengan tipe one group pretest-posstest design yaitu dengan mengukur kecerdasan emosional kelompok eksperimen dengan menggunakan instrument yang sama pada pengukuran pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah angket.  Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 10 peserta didik. dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian Efektivitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik. Dengan P-value sebesar 0.04 < 0.05, maka H0 ditolak. Sehingga terdapat pengaruh sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik psikodrama.

Downloads

Published

2022-11-26

How to Cite

Oktarina, V. ., Mulyani, R. R. ., & Triyono, T. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6597–6605. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9359

Most read articles by the same author(s)