Pengaruh Peran Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12938Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya peserta didik yang kesulitan mencari teman belajar, adanya peserta didik yang tidak yakin dengan tugas yang dikerjakannya dan adanya peserta didik yang ikutan-ikutan menyotek tugas temannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil peran teman sebaya peserta didik. 2) Profil kemandirian belajar peserta didik. 3) Pengaruh peran teman sebaya terhadap kemandirian peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebayak 116 orang peserta didik. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 orang dengan teknik pengambilan sampel propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analis data dalam penelitian ini adalah persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Profil peran teman sebaya peserta didik berada pada kategori baik. 2) Profil kemandirian belajarpeserta didik berada pada kategori cukup mandiri. 3) Terdapat pengaruh peran teman sebaya terhadap kemandirian peserta didik sebesar 35,3%. Penelitian ini direkomendasikan agar peserta didik memilih kelompok teman sebaya yang baik dalam belajar sehingga peserta didik mendapatkan dukungan dan mangarahkan peserta didik untuk mandiri dalam belajar.Downloads
Published
2023-03-15
How to Cite
Mariani, I. ., Zulkifli, Z., & Mulyani, R. R. . (2023). Pengaruh Peran Teman Sebaya Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Di Kelas XII IPS SMA Negeri 3 Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 775–780. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12938
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ika Mariani, Zulkifli, Rila Rahma Mulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).