Media Biblio Edukasi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Realitas Studi pada Remaja Kelas X di SMAN 1 Painan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6925Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki tanggung jawab diri yang rendah, beberapa peserta didik yang tidak mengerjakan tugas dalam belajar, beberapa peserta didik yang lebih suka menyendiri, dan beberapa peserta didik yang merasa di jauhi oleh teman-temannya. Tujuan penelitian ini yait: 1)mendeskripsi Maladjustment Model Pendekatan Konseling Realitas. 2) menguji media biblio edeukasi yang dapat diterima secara teoritis. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D). Dengan populasi penelitian ini adalah Kelas X IPS 1,2,3 dan 4 serta kelas X IPA 1 dan 2 SMA Negeri 1 Painan berjumlah 280 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu sebanyak 85 partisipan. Data penelitian diperoleh melalui angket dan diolah menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang Maladjustment model pendekatan konseling realitas di Kelas X IPS 1,2,3 dan 4 serta kelas X IPA 1 dan 2 SMA Negeri 1 terungkap bahwa: 1)Jika dilihat secara keseluruhan dari hasil identifikasi meladjustment remaja berbasis konseling realitas berada pada kriteria sangat banyak dengan persentase 43,5%. 2) setelah dilakukannya pengujian media ke tiga orang ahli,secara teoritis dengan hasil validasi media diterima secara teoritis dan layak digunakan untuk mengatasi maladjustment remaja dapat diterima secara teoritis. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi untuk Guru BK agar dapat mempergunakan media biblio edukasi yang telah peneliti rancang untuk peserta didik kelas X di SMAN 1 PainanDownloads
Published
2022-09-19
How to Cite
Arsyah, . S. ., Nita, . R. W. ., & Triyono, T. (2022). Media Biblio Edukasi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Realitas Studi pada Remaja Kelas X di SMAN 1 Painan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2164–2172. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6925
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Arsyah, Rahma Wira Nita, Triyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).