Media Biblio Eduksi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Psikologi Individual pada Remaja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6967Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang memiliki perilak bermasalah seperti inferiority yang berlebihan,gaya hidup manja,mudah putus asa,sangat sensitif,tidak sabar,emosional dan merasa diabaikan.Tujuan dari penelitian ini adalah 1).Mengidentifikasi maladjustment pada remaja berbasis psikologi individual. 2).Media biblio edukasi berbasis identifikasi maladjustment konseling psikologi individual agar dapat diterima secara teoritis.Jenis penelitian ini adalah (R&D) Menurut Ali & Asrori (2014:105)pengembangan (R&D) adalah proses pengembangan peralatan pendidikan, yang dilakukan melalui serangkaian kajian, berbagai metode, dan siklus tahapan yang berbeda.Populasi penelitian ini adalah 474 peserta didik dan dengan sampel sebanyak 102 peserta didik. Peserta didik diambil menggunakan teknik convenience. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase.Hasil penelitian tentang identifikasi maladjustment konseling psikologi individual pada remaja berada pada kriteria sedikit dan berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi untuk Guru BK agar dapat mempergunakan media biblio edukasi yang telah peneliti rancang untuk peserta didik kelas X dan XI di SMA N 2 Sijunjung.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Chaniago, . B. N., Nita, R. W. ., & Triyono, T. (2022). Media Biblio Eduksi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Psikologi Individual pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2412–2418. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6967
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Berlian Navisa Chaniago
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).