Media Biblio Eduksi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Psikologi Individual pada Remaja

Authors

  • Berlian Navisa Chaniago Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahma Wira Nita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Triyono Triyono Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6967

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang memiliki perilak bermasalah seperti inferiority yang berlebihan,gaya hidup manja,mudah putus asa,sangat sensitif,tidak sabar,emosional dan merasa diabaikan.Tujuan dari penelitian ini adalah 1).Mengidentifikasi maladjustment pada remaja berbasis psikologi individual. 2).Media biblio edukasi berbasis identifikasi maladjustment konseling psikologi individual agar dapat diterima secara teoritis.Jenis penelitian ini adalah (R&D) Menurut Ali & Asrori (2014:105)pengembangan (R&D) adalah proses pengembangan peralatan pendidikan, yang dilakukan melalui serangkaian kajian, berbagai metode, dan siklus tahapan yang berbeda.Populasi penelitian ini adalah 474 peserta didik dan dengan sampel sebanyak 102 peserta didik. Peserta didik diambil menggunakan teknik convenience. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan untuk analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase.Hasil penelitian tentang identifikasi maladjustment konseling psikologi individual pada remaja berada pada kriteria sedikit dan berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasi untuk Guru BK agar dapat mempergunakan media biblio edukasi yang telah peneliti rancang untuk peserta didik kelas X dan XI di SMA N 2 Sijunjung.

Downloads

Published

2022-09-20

How to Cite

Chaniago, . B. N., Nita, R. W. ., & Triyono, T. (2022). Media Biblio Eduksi Berbasis Identifikasi Maladjustment Konseling Psikologi Individual pada Remaja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2412–2418. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6967

Most read articles by the same author(s)