Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Asosial Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9290Abstract
Perilaku asosial sangat rawan sekali terjadi di lingkungan sekolah, bahkan bisa jadi terjadi juga di lingkungan keluarga, bisa karena dia insecure, atau malah dia memang orang yang individualis. Dalam mengantisipasi terjadinya perilaku asosial dalam diri, perlu adanya kontrol diri. Penting sekali untuk bisa menanamkan dan mengembangkan kontrol diri dalam diri setiap individu, karena manfaat dari kontrol diri yaitu untuk mengatur segala sesuatunya yang timbul dalam diri guna untuk merespon rangsangan yang timbul dari luar. Metode yang digunakan peneliti ialah metode korelasi dengan pearson product moment. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS.26 memperoleh hasil r = (-) 0,290 dengan sebesar 0,169 maka > atau (-) 0,290 > 0,169. Apabila dicocokkan dengan tabel interpretasi menunjukkan bahwa antara kontrol diri dan perilaku asosial memiliki tingkat hubungan yang terbilang rendah. Besar sumbangan variabel kontrol diri terhadap perilaku asosial sebesar 8,41% saja dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 3,166 dengan 1,9784 maka ? atau 3,166 1,9784 artinya adalah hubungannya signifikan.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Ardiani, E. R. F. ., Suhendri, S., & Ajie, G. R. . (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Asosial Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6280–6286. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9290
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Egi Rizqi Fitri Ardiani, Suhendri, G. Rohastono Ajie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).