Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Asosial Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang

Authors

  • Egi Rizqi Fitri Ardiani Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang
  • G. Rohastono Ajie Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9290

Abstract

Perilaku asosial sangat rawan sekali terjadi di lingkungan sekolah, bahkan bisa jadi terjadi juga di lingkungan keluarga, bisa karena dia insecure, atau malah dia memang orang yang individualis. Dalam mengantisipasi terjadinya perilaku asosial dalam diri, perlu adanya kontrol diri. Penting sekali untuk bisa menanamkan dan mengembangkan kontrol diri dalam diri setiap individu, karena manfaat dari kontrol diri yaitu untuk mengatur segala sesuatunya yang timbul dalam diri guna untuk merespon rangsangan yang timbul dari luar. Metode yang digunakan peneliti ialah metode korelasi dengan pearson product moment. Hasil dari penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS.26 memperoleh hasil r = (-) 0,290 dengan  sebesar 0,169 maka  >  atau (-) 0,290 > 0,169. Apabila dicocokkan dengan tabel interpretasi menunjukkan bahwa antara kontrol diri dan perilaku asosial memiliki tingkat hubungan yang terbilang rendah. Besar sumbangan variabel kontrol diri terhadap perilaku asosial sebesar 8,41% saja dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 3,166 dengan  1,9784 maka  ?   atau 3,166  1,9784 artinya adalah hubungannya signifikan.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Ardiani, E. R. F. ., Suhendri, S., & Ajie, G. R. . (2022). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Asosial Pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 6 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6280–6286. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9290