Hubungan Pola Asuh Orang tua dan Pembentukan Pribadi Siswa Yang Jujur pada Siswa Kelas VIII di SMP N 40 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8162Abstract
Penelitian hubungan pola asuh orang tua dan pembentukan pribadi siswa yang jujur pada siswa kelas VIII di SMP N 40 Semarang ini dilatarbelakangi oleh kurang jujurnya siswa seperti menyontek, suka berbohong (tidak jujur). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi data penelitian ini sejumlah 194 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 128 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Berdasarkan hasil dari penelitian menyatakan bahwa ada hubungan pola asuh orang tua otoriter dengan pribadi siswa yang jujur. Artinya semakin orang tua bersikap otoriter maka perilaku siswa semakin jujur. Tidak ada hubungan pola asuh orang tua demokratis dengan pribadi siswa yang jujur. Artinya pola asuh demokratis orang tua tidak berdampak pada sikap jujur perilaku siswa. Ada hubungan pola asuh orang tua permisif dengan pribadi siswa yang jujur. Artinya semakin orang tua bersikap permisif maka perilaku siswa semakin jujur. Ada hubungan yang linier antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif dengan pembentukan pribadi siswa yang jujur. Artinya bahwa terdapat hubungan yang linier antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif dengan pembentukan pribadi siswa yang jujur.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Permata, . A. T. ., Retnaningdyastuti, M. S. ., & Ajie, G. R. . (2022). Hubungan Pola Asuh Orang tua dan Pembentukan Pribadi Siswa Yang Jujur pada Siswa Kelas VIII di SMP N 40 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 339–350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8162
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Adinda Trizqidira Permata, M.Th. S.R. Retnaningdyastuti, G. Rohastono Ajie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).