Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12744Abstract
Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: 1) siswa sulit meminta maaf jika melakukan kesalahan, siswa kurang semangat belajar, dan siswa masih menyontek pada waktu ulangan; dan 2) siswa malas mengerjakan pekerjaan rumah, siswa memiliki kepercaya diri yang rendah, siswa belum memiliki tujuan untuk masa depannya, dan siswa mudah menyerah menghadapi permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 34 Semarang berjumlah 134 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A berjumlah 34 siswa dengan pembagian kelompok eksperimen berjumlah 17 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 17 siswa. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efektivitas bimbingan kelompok teknik cinema therapy untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang dengan peningkatan sebesar 7%. Hasil efikasi diri kelompok eksperimen, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 89% dalam kategori sangat baik. Hasil efikasi diri kelompok kontrol, diperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 82% dalam kategori sangat baik. Hal ini berarti bahwa siswa memiliki kemampuan menghadapi masalah dengan sangat baik, siswa memiliki percaya diri yang sangat baik, siswa dapat memandang masalah sebagai tantangan dengan sangat baik, siswa dapat bersikap optimis dengan sangat baik, dan siswa suka mencari situasi baru dengan sangat baik.Downloads
Published
2023-03-10
How to Cite
Saputri, F. A. D. ., Suhendri, S., & Ajie, G. R. . (2023). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 398–409. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12744
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Fedrina Aysia Dewi Saputri, Suhendri Suhendri, G. Rohastono Ajie
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).