Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Coping Stress Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7459Abstract
Keterampilan Coping Stress yang belum dimiliki oleh remaja di SMPN 14 Semarang selama masa pandemi covid-19 disebabkan kurangnya dukungan keluarga secara penuh dalam mengoptimalkan siswa untuk memiliki kemampuan strategi Coping Stress yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 14 Semarang kelas VIII yamg termasuk kedalam usia praremaja dan remaja awal kisaran usia 13/14-17 tahun. Sampel yang diambil adalah 119 siswa kelas VIII A-G dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Hasil analisis data menunjukan bahwa koefisien korelasi Product Moment antara dukungan keluarga dengan Coping Stress yaitu = 0,439, > atau 0,439 > 0,195 dan apabila dicocokan dengan tabel interpretasi maka menunjukan bahwa dukungan keluarga dengan Coping Stress remaja pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Semarang memiliki tingkat hubungan yang tinggi. Besar sumbangan variabel sebesar 3,80% dan sisanya ditentukan oleh variabel lain. Sedangkan nilai signifikansinya adalah 2,152 lebih besar dari pada t tabel 0,195 menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan Coping Stress remaja pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Semarang.Downloads
Published
2022-10-12
How to Cite
Nuha, Z. A. ., Suhendri, S., & Dian, M. . (2022). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Coping Stress Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri 14 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5099–5108. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7459
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zahra Alya Nuha, Suhendri, MA.Primaningrum Dian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).