Pengembangan Akhlak dan Moral Aud di RA/TK Daffa Islami Desa Pantai Labu Pekan

Authors

  • Muhammad Basri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Widya Ismayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Silvia Zahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amelia Amelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wiwik Indah Handayani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Hidayah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Lutfiah Aini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aishwara Nurul Safitri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masyitah Addina Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8402

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penanaman nilai – nilai agama dan moral pada anak usia dini di RA/TK Daffa Islami Desa Pantai Labu Pekan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B usia 5-6 tahun yang berjumlah 13 anak, 8 laki-laki dan 5 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan model interaktif yang terdiri dari tiga hal utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan nilai-nilai karakter dan keteladanan diantaranya melafazkan do’a-do’a pilihan, hadist-hadist pilihan, praktek wudhu dan praktek sholat dhuha berjamaah, mengucap salam dan salim, meminta maaf, meminta tolong, mengucapkan terima kasih, berdo’a sebelum dan sesudah makan, membuang sampah pada tempatnya, hidup bersih, disiplin belajar, pembiasaan ini terus menerus dan berkelanjutan pada anak setiap saat, setiap hari, dan terus menerus, dan mampu melatih anak berkarakter baik. Adapun faktor yang menjadi pendukung dalam penanaman nilai-nilai agama dan moral pada anak usia dini RA/TK Daffa Islami Desa Pantai Labu Pekan adalah faktor kerja sama antara guru dan orang tua dan pengetahuan dari guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat meliputi mood anak yang berubah, faktor lingkungan, serta sarana prasarana yang minim.

Downloads

Published

2022-11-06

How to Cite

Basri, M. ., Ismayani, W. ., Zahra, S. ., Amelia, A., Handayani, W. I. ., Hidayah, N. ., Aini, L. ., Safitri, A. N. ., & Harahap, M. A. . (2022). Pengembangan Akhlak dan Moral Aud di RA/TK Daffa Islami Desa Pantai Labu Pekan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1439–1449. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8402

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>