The Effect Of Clustering Technique In Teaching Writing Recount Text At SMA Negeri 3 Pematangsiantar

Authors

  • Iyona Lazura Simorangkir University of HKBP Nommensen
  • Leonita Maria Efipanias Manihuruk University of HKBP Nommensen
  • Basar Lolo Siahaan University of HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7935

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi clustering mempengaruhi pembelajaran menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 428 siswa. Peneliti menggunakan teknik kuantitatif dengan desain eksperimen semu dalam penelitian ini, memilih dua mata kuliah, satu eksperimen dan satu kontrol, masing-masing dengan 36 murid. Kelompok eksperimen akan diberikan strategi pengelompokan, sedangkan kelompok kontrol tidak akan diberikan apa-apa untuk dibandingkan. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk esai. Selama tahap pengumpulan data, tiga fase harus diselesaikan: pre-test, treatment, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai anak di kelas eksperimen adalah 83,03, sedangkan di kelas kontrol adalah 78,53. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam teknik penggunaan clustering dalam pembelajaran menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Simorangkir, I. L. ., Manihuruk, L. M. E. ., & Siahaan, B. L. . (2022). The Effect Of Clustering Technique In Teaching Writing Recount Text At SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7836–7842. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7935

Most read articles by the same author(s)