The Effect Of Clustering Technique In Teaching Writing Recount Text At SMA Negeri 3 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7935Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi clustering mempengaruhi pembelajaran menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 10 SMA Negeri 3 Pematangsiantar yang berjumlah 428 siswa. Peneliti menggunakan teknik kuantitatif dengan desain eksperimen semu dalam penelitian ini, memilih dua mata kuliah, satu eksperimen dan satu kontrol, masing-masing dengan 36 murid. Kelompok eksperimen akan diberikan strategi pengelompokan, sedangkan kelompok kontrol tidak akan diberikan apa-apa untuk dibandingkan. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk esai. Selama tahap pengumpulan data, tiga fase harus diselesaikan: pre-test, treatment, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai anak di kelas eksperimen adalah 83,03, sedangkan di kelas kontrol adalah 78,53. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam teknik penggunaan clustering dalam pembelajaran menulis teks recount di SMA Negeri 3 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Simorangkir, I. L. ., Manihuruk, L. M. E. ., & Siahaan, B. L. . (2022). The Effect Of Clustering Technique In Teaching Writing Recount Text At SMA Negeri 3 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7836–7842. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7935
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Iyona Lazura Simorangkir, Leonita Maria Efipanias Manihuruk, Basar Lolo Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).