The Effect Of Using Instagram Application On Students’ Speaking Ability At Grade X In SMA Negeri 4 Pematangsiantar In 2022/2023 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8129Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dimainkan Instagram dalam pengajaran berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi Instgaram sebagai media kemampuan berbicara pada siswa kelas X di SMA Negeri 4 Pematangsiantar. Apa pengaruh penggunaan aplikasi Instagram terhadap keterampilan berbicara siswa kelas X di SMA Negeri 4 Pematang Siantar? ”. Metode penelitian ini adalah eksperimen semu dan menggunakan data kuantitatif. Tes digunakan untuk mengumpulkan dan mengambil data penelitian. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah X PIS, dengan X PIS 1 sebagai Kelompok Eksperimen dan X PIS 3 sebagai Kelompok Kontrol, dengan total 74 siswa. Siswa mengikuti pre-and post-test, serta tes yang melibatkan perekaman objek. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa memanfaatkan aplikasi Instagram memiliki dampak yang cukup besar pada kemampuan berbicara siswa. Teori David P. Harris digunakan untuk menentukan nilai rubrik tes. Hasil Uji Validitas Kelas Eksperimen dihitung sebesar 0,78 dan tinggi, sedangkan Hasil Uji Reliabilitas Kelas Eksperimen sebesar 0,87 dan baik. Hasil Uji Validitas Kelas Kontrol adalah 0,69 dan cukup, sedangkan Hasil Uji Reliabilitas Kelas Kontrol adalah 0,81 dan cukup. Peneliti menemukan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test Kelas Eksperimen adalah (Ma1 dan Mb2) masing-masing = 51,1 dan 69,2. Peneliti menemukan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post-test Kelas Kontrol adalah (Ma1 dan Mb2) = 42,5 dan 52,1, masing-masing. Studi ini menemukan bahwa skor rata-rata keseluruhan Kelas Eksperimen (Ma) adalah 18,1. Studi ini menemukan bahwa nilai rata-rata Kelas Kontrol (Maoverall) adalah 9,6. Df adalah 70, atau derajat kebebasan. Standar deviasi keseluruhan dari Kelas Eksperimen (da2) menurut peneliti adalah 3599,6. Standar deviasi keseluruhan dari Kelas Kontrol (db2), menurut penelitian, adalah 3124,4. Peneliti menemukan skor t-tabel Dr. Imam Ghozali dengan df 70 = 1,667 setelah menghitung data dari poin sebelumnya. Peneliti menentukan nilai uji-t = 7,912 menggunakan rumus uji-t setelah menghitung data dari langkah sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H diterima dan ditolak karena tingkat t hitung tabel = 0,05 yaitu (7,912 > 1,667). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Instagram memiliki pengaruh yang menguntungkan dan signifikan terhadap kemampuan berbicara siswa kelas X SMA Negeri 4 Pematangsiantar.Downloads
Published
2022-11-01
How to Cite
Rahel, P. ., Sinaga, A. R. ., & Siahaan, B. L. . (2022). The Effect Of Using Instagram Application On Students’ Speaking Ability At Grade X In SMA Negeri 4 Pematangsiantar In 2022/2023 Academic Year. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 154–161. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8129
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Putri Rahel, Asima Rohana Sinaga, Basar Lolo Siahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).