Analisis Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7801Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa telah menunjukan sikap nasionalisme melalui pembelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket untuk mengukur sikap nasionalisme siswa kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Hasil yang diperoleh berdasarkan 30 tanggapan angket siswa kelas V menunjukkan bahwa sikap nasionalisme siswa cukup baik, meskipun ada beberapa siswa yang kurang menunjukan sikap nasionalisme. Beberapa siswa telah menunjukan sikap nasionalisme seperti mengikuti upacara bendera, menaati peraturan yang ada serta melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa. Dalam penanaman sikap nasionalisme tidak lepas kaitannya dengan peran guru, dapat dilihat bahwa guru telah menumbuhkan sikap nasionalisme dengan melakukan pembiasaan seperti berpakaian rapih agar menjadi contoh bagi siswa dalam disiplin berpakaian. Penanaman sikap nasionalisme di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang telah dilakukan sejak kelas rendah, hal ini sudah dipastikan bahwa dengan adanya penanaman sikap nasionalisme sedari dini sangatlah penting karena dapat menciptakan rasa cinta tanah air.Downloads
Published
2022-10-22
How to Cite
Berliana, N. ., Sunardin, S., & Fathurrohmah, Y. . (2022). Analisis Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6836–6840. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7801
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nesfi Berliana, Sunardin, Yoyoh Fathurrohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).