Analisis Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang

Authors

  • Nesfi Berliana Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sunardin Sunardin Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yoyoh Fathurrohmah Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7801

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah siswa telah menunjukan sikap nasionalisme melalui pembelajaran PKn. Penelitian ini dilakukan di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket untuk mengukur sikap nasionalisme siswa kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang. Hasil yang diperoleh berdasarkan 30 tanggapan angket siswa kelas V menunjukkan bahwa sikap nasionalisme siswa cukup baik, meskipun ada beberapa siswa yang kurang menunjukan sikap nasionalisme. Beberapa siswa telah menunjukan sikap nasionalisme seperti mengikuti upacara bendera, menaati peraturan yang ada serta melaksanakan hak dan kewajiban sebagai siswa. Dalam penanaman sikap nasionalisme tidak lepas kaitannya dengan peran guru, dapat dilihat bahwa guru telah menumbuhkan sikap nasionalisme dengan melakukan pembiasaan seperti berpakaian rapih agar menjadi contoh bagi siswa dalam disiplin berpakaian. Penanaman sikap nasionalisme di SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang telah dilakukan sejak kelas rendah, hal ini sudah dipastikan bahwa dengan adanya penanaman sikap nasionalisme sedari dini sangatlah penting karena dapat menciptakan rasa cinta tanah air.

Downloads

Published

2022-10-22

How to Cite

Berliana, N. ., Sunardin, S., & Fathurrohmah, Y. . (2022). Analisis Sikap Nasionalisme pada Pembelajaran PKn Siswa Kelas V SDN Cipondoh 2 Kota Tangerang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 6836–6840. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7801