Penerapan Strategi Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Siswa

Authors

  • Sunardin Sunardin Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ulia Uswatun Hasana Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ino Budiatman Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6553

Abstract

Penelitian ini dilandasi berdasarkan permasalah yang peneliti temukan di lapangan mengenai penerapan strategi Problem Based Learning pada pelajaran IPS di salah satu sekolah dasar di Kota Tangerang. Peneitian memfokuskan pada penerapan metode Problem Based Learning pada kelas V. Pendekatan yang dipakai oleh peneliti adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dan informasi melalui observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Berdasaran hasil penelitian yang dilakukan bahwa, penerapan metode yang dilakukan oleh guru kelas V  kurang baik. Karena belum memaksimalkan metode yang akan digunakan, media yang akan digunakan serta kurangnya persiapan guru dalam mengajar.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Sunardin, S., Hasana, U. U. ., & Budiatman, I. . (2022). Penerapan Strategi Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Siswa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 134–139. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6553