Analisis Implementasi Kegiatan PMR terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Siswa di SDIT Tiara Aksara Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7063Abstract
Pendidikan karakter merupakan penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah, artinya seluruh warga sekolah berperan dalam kegiatan pendidikan karakter, termasuk kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR, yaitu perkembangan nilai karakter peduli sosial, toleransi dan tanggung jawab siswa di SDIT Tiara Aksara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi. Data dianalisis melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan ekstrakurikuler PMR di SDIT Tiara Aksara dapat mengembangkan karakter peduli sosial, toleransi dan tanggung jawab siswa melalui kegiatan latihan rutin yaitu pemberian 7 materi pokok dan praktek yang sesuai dengan kurikulum PMR yang berlaku. Masalah yang dihadapi pada pelaksanaan kegiatan PMR yaitu, program atau kegiatan-kegiatan lainnya di PMR belum sepenuhnya terlaksana. Upaya yang dilakukan dalam mengembangkan pendidikan karakter yaitu dengan kegiatan latihan rutin, para anggota PMR mendapatkan ilmu yang tidak mereka dapatkan di bangku kelas.Downloads
Published
2022-09-25
How to Cite
Amalia, D. A. ., Yenni, Y., & fathurrohmah, Y. . (2022). Analisis Implementasi Kegiatan PMR terhadap Perkembangan Pendidikan Karakter Siswa di SDIT Tiara Aksara Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3006–3010. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7063
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dinda Ayu Amalia, Yenni, Yoyoh fathurrohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).