Analisis Perilaku Akademik Siswa pada Kegiatan Diskusi Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Karang Tengah 12 Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6570Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku akademik siswa kelas IV dalam kegiatan diskusi pembelajaran PKn di SDN Karang Tengah 12. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pembelajaran PKn di kelas IV SDN Karang Tengah 12 menggunakan metode diskusi. Analisis data melalui langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan membuktikan makna dari data yang telah berhasil dikumpulkan dan dari penarikan kesimpulan tersebut dilakukan pengecekan keabsahan data dengan melakukan stringulasi data, yaitu membandingkan data hasil observasi langsung dengan data hasil wawancara, dan isi dokumentasi. Perilaku IV SDN Karang Tengah 12 termasuk dalam interpretasi sangat baik dengan indikator perilaku yang ditemukan berdasarkan data lapangan. Artinya dalam kegiatan pembelajaran tujuan yang telah digunakan tercapai dan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, metode pembelajaran diskusi kelompok memberikan dampak akademik yang positif bagi siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.Downloads
Published
2022-09-03
How to Cite
Safitri, . D., Sunardin, S., & Budiatman, I. . (2022). Analisis Perilaku Akademik Siswa pada Kegiatan Diskusi Pembelajaran PKn Kelas IV SDN Karang Tengah 12 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 236–242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6570
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dhita Safitri, Sunardin, Ino Budiatman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).