Evaluasi Pelaksanaan Ujian Osce Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7333Abstract
Ujian OSCE adalah mengukur kemampuan lulusan dengan menggunakan salah satu metode yang pengujiannya dilakukan secara komprehensif sehingga lulusan yang di hasilkan kompeten. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme pelaksanaan ujian OSCE, faktor faktor yang mempengaruhi pelaksanaan ujian, dan bagaimana evaluasi hasil pelaksanaan ujian OSCE di Program Studi Pendidikan Profesi Ners di Fakultas Keperawatan UNSRIT. Desain penelitian Kualitatif dengan metode studi kasus, sampel dengan menggunakan Pusposive sampling terdiri dari 6 informan, laksanakan pada bulan September tahun 2022 di Universitas Sari Putra Indonesia Tomohon. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri dengan pengambilan data primer yaitu wawancara dan observasi, keabsahan data ditetapkan dengan teknik pemeriksaan yaitu teknik triangulasi. Hasil penelitian di temukan mekanisme pelaksanaan ujian OSCE sudah dilaksanakan dengan menyediakan fasilitas penunjang seperti ruangan dengan 9 station, dosen penguji, klien standar, peralatan penunjang dan petugas yang membantu pelaksanaan ujian. Faktor yang mempengaruhi yaitu kualitas soal, dosen penguji yang memenuhi syarat dan kesiapan mahasiswa dalam mengikuti ujian OSCE serta evaluasi hasil pelaksanaan ujian sebagian besar mahasiswa telah lulus tanpa remedial.Downloads
Published
2022-10-07
How to Cite
Rumagit, . S. S. ., Tambingon, H. N. ., Joufree Rotty, V. N. ., & Ponamon, J. . (2022). Evaluasi Pelaksanaan Ujian Osce Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4416–4422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7333
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Selvie Serly Rumagit, Henny Nikolin Tambingon, Viktory Nicodemus Joufree Rotty, Jolie Ponamon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).