The Effect of E-Learning Implementation on Students' Learning Interests At SMK Negeri 1 Ratahan

Authors

  • Gilly Tiwow Universitas Negeri Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7301

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Siswa di SMK Negeri 1 Ratahan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu e-learning dan Minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri I Ratahan yang berjumlah 42 siswa. Kami menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel karena hanya ada 42 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan survei. Survei dilakukan dengan kuesioner. Kuesioner dirancang dengan model likert. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis data yang terkumpul. Untuk dapat meregresi data, kami menguji instrumen (item kuesioner) validitas dan reliabilitas, kemudian menguji data apakah berdistribusi normal atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media e-Learning pada pembelajaran siswa berdampak pada peningkatan minat belajar siswa. Hal ini terlihat pada hasil uji statistik tentang pengaruh penggunaan e-learning terhadap Minat Belajar siswa di SMK N 1 Ratahan.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Tiwow, G., Tambingon, H. N. ., & Joufree Rotty, . V. N. . (2022). The Effect of E-Learning Implementation on Students’ Learning Interests At SMK Negeri 1 Ratahan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4450–4457. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7301

Most read articles by the same author(s)