Pengembangan Model Hybrid Sinkron Mata Strategi Belajar Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7302Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Menghasilkan model hybrid sinkron yang layak dipergunakan pada mata kuliah strategi belajar mengajar; (b) Mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap model hybrid sinkron pada mata kuliah strategi belajar mengajar dan (c) Mengetahui keefektifan penggunaan model hybrid sinkron pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R & D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE dengan 5 tahap. Uji validasi dalam penelitian ini melibatkan 4 orang ahli dibidangnya masing-masing. Uji coba kelompok kecil melibatkan 7 mahasiswa sedangkan uji coba kelompok besar melibatkan 25 mahasiswa. Penelitian ini juga melibatkan 5 mahasiswa untuk mengobservasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) Model hybrid sinkron sangat layak dipergunakan pada mata kuliah strategi belajar mengajar berdasarkan hasil penilaian para ahli pendidikan; (b) Hasil respon terhadap penggunaan model hybrid sinkron ditanggapi sangat baik dengan hasil penilaian 82 % dan (c) Sesuai hasil pengamatan keterlaksanaan model hybrid sinkron yang mengabungkan 3 media dan respon mahasiswa yang sangat baik, maka model dinyatakan efektif dipergunakan pada mata kuliah strategi belajar mengajar.Downloads
Published
2022-10-07
How to Cite
Palangda, L., Tambingon, H. N. ., & Rotty, V. N. J. . (2022). Pengembangan Model Hybrid Sinkron Mata Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4440–4449. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7302
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Listriyanti Palangda, Henny Nikolin Tambingon, Viktory Nicodemus Joufree Rotty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).