Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10061Abstract
Supervisi Pendidikan khususnya supervise kelas sangat penting untuk dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang nantinya akan membawa pengaruh pada kualitas hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan supervisi pendidikan di masa pandemi covid-19, indikator penting mana yang perlu disupervisi, dan bagaimana cara supervisor melaksanakan kegiatan supervisi kelas secara efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, data kualitatif berupa mekanisme pelaksanaan supervisi kelas. Data dianalisis menggunakan Model Miles dan Huberman dimana aktivitas dalam analisis data adalah data reduction, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menyatakan bahwa mekanisme pelaksanaan supervisi kelas di masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan telah menggunakan Instrumen supervisi kelas yang terstandarisasi, yang menjunjung tinggi objektivitas, transparansi dan akuntabilitas. Indikator penting yang akan disupervisi dicantumkan dalam instrumen supervisi kelas yang dipergunakan. Supervisor menggunakan pendekatan humanistic kepada dosen yang disupervisi.Downloads
Published
2022-12-11
How to Cite
Taroreh, F. J. H. ., Tambingon, H. N. ., Rawis, J. A. ., & Mangantes, M. L. . (2022). Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Perguruan Tinggi pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10491–10497. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10061
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Frankie Jantje Hendrikus Taroreh, Henny Nikolin Tambingon, Joulanda A.M. Rawis, Meisie Lenny Mangantes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).