Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah

Authors

  • Maria R. Walukow Universitas Negeri Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7517

Abstract

Pembelajaran sekolah mengalami perkembangan sesuai zaman. Perubahan paradigma Pembelajaran diformulasikan ke dalam Kurikulum sekolah demi terwujudnya Pendidikan yang berkualitas. Strategi pembelajaran  kontekstual diperlukan untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Informatika merupakan mata pelajaran yang mengalami perubahan seiring perkembangan teknologi. Tulisan ini mendeskripsikan bagaimana pergeseran paradigma pembelajaran dari TIK menjadi Informatika di Sekolah. Untuk memperoleh paradigma pembelajaran Informatika dalam implementasi Kurikulum Merdeka sekarang secara komprehensif dilakukan pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi Pustaka, observasi dan wawancara.  Observasi peneliti dilakukan secara langsung di lapangan dan melibatkan bagian kurikulum serta guru. Guru yang dimaksudkan di sini adalah guru yang mengalami langsung proses pembelajaran sesuai kurikulum yang lama, yakni Kurikulum 2013 dan kurikulum baru, yakni Kurikulum Merdeka yang secara khusus di satuan pendidikan Sekolah Menengah Atas yang ada di provinsi Sulawesi Utara. Berdasarkan observasi lapangan, studi dokumentasi dan wawancara bahwa terjadi pergeseran paradigma pembelajaran Informatika di sekolah. Pembelajaran Informatika menggantikan pembelajaran TIK, karena dipandang adanya perluasan dan pendalaman materi.  Informatika mencakup aspek-aspek pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini yang begitu pesat.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Walukow, M. R. ., Tambingon, H. N. ., & Rotty, V. N. J. . (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran Informatika di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5411–5420. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7517

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>