Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa Di Smk 1 Tana Toraja
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9721Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dukungan sosial terhadap stres akademik pada siswa di SMK 1 Tana Toraja. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK 1 Tana Toraja sebanyak 1.250 siswa yang terdiri atas kelas X, XI dan XII. Sampel penelitian sebanyak 303 siswa yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala dukungan sosial yang diadaptasi dari Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan skala stres akademik yang diadaptasi dari Perceptions of Academic Stress (PAS) Scale. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh nilai koefisien regresi dukungan sosial sebesar 0,072 dengan taraf signifikansi sebesar 0,040 < 0,05. Selain itu nilai thitung sebesar 2,062 > ttabel sebesar 1,968. Hal ini dapat disimpulkan bahwa variabel X (dukungan sosial) berpengaruh terhadap variabel Y (stres akademik), yang artinya ada pengaruh positif dukungan sosial terhadap stres akademik siswa di SMK 1 Tana TorajaDownloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Palangda, L. ., Mandey, L. J. ., Mamuaya, M. P. ., Ponamon, J. F. ., Monoarfa, H. ., & Jacobus, S. . (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa Di Smk 1 Tana Toraja. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8655–8662. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9721
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Listriyanti Palangda, Larry Jason Mandey, Marlin Penina Mamuaya, Jolie Febri Ponamon, Haris Monoarfa, Susan Jacobus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).