Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya Di Era Society 5.0

Authors

  • Petrus Jacob Pattiasina FKIP Universitas Pattimura
  • Dian Aswita FKIP Universitas Serambi Mekkah
  • Tuti Marjan Fuadi FKIP Universitas Abulyatama
  • Anita Noviyanti FKIP Universitas Serambi Mekkah
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6984

Abstract

Dewasa ini, kita diperhadapkan dengan era revolusi industri keempat yang disebut dengan revolusi industri 4.0, atau dengan istilah lain era inovasi disruptif, dimana inovasi ini berkembang dengan sangat cepat, yang berimplikasi pada terciptanya pasar baru. Dunia pendidikan saat ini dalam menghadapi tantangan tersebut harus mampu beradaptasi, agar proses pendidikan sesuai dengan kondisi dan tuntutan zaman. Penelitian ini akan mengelaborasi lebih dalam terkait paradigma baru pendidikan karakter di era inovasi disruptif dan implementasi praktisnya pada era masyarakat 5.0 melalui analisis konten dengan pendekatan filosofis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, paradigma baru sistem pendidikan 4.0 bergaung kencang dalam beberapa tahun terakhir ini. Oleh sebab itu, pemerintah harus menyediakan fasilitas yang memadai dalam menyongsong era Pendidikan 4.0, mengingat pendidikan adalah sebagai garda terdepan dalam membentengi  karakter peserta didik dari pengaruh negatif era inovasi disrupsi ini.Guru juga harus meng-upgrade kompetensi dalam menghadapi era Pendidikan 4.0 dan masyarakat 5.0, karena subjek pendidikan karakter yaitu peserta didik yang dihadapi guru saat ini, merupakan generasi era cybernetics yang tidak asing lagi dengan dunia digital. Maka pendidikan merupakan asas terpenting dalam menjaga dan membangun karakter peserta didik diera inovasi dirsuptif dan dalam menghadapi tantangan masa depan.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Pattiasina, P. J. ., Aswita, . D. ., Fuadi, T. M. ., Noviyanti, A., & Pratiwi, E. Y. R. . (2022). Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya Di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2446–2454. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6984

Most read articles by the same author(s)