Analisis Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa SDN Sembung Perak Jombang

Authors

  • Putri Nofitasari Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Aning Nisfullaili Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Na’im Maunah Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4735

Abstract

Dimasa milenial seperti saat ini Pendidikan memiliki peranan penting bagi manusia terutama dalam menghadapi tantangan di kehidupan. Hal ini dikarenakan pendidikan dapat mempengaruhi seluruh aspek kepribadian dan perkembangan manusia. Dalam pendidikan peran orang tua adalah memberikan bimbingan dan pendidikan yang layak untuk anaknya, memberikan pengawasan terhadap anak, memberikan motivasi dan nasihat kepada anak. Dalam proses belajar harus memperhatikan latar belakang siswa, kemampuan siswa dalam menerima pelajaran, serta keadaan sosial siswa, sehingga dapat memahami karakteristik masing-masing siswa dalam memahami materi pelajaran. Perhatian orang tua merupakan kegiatan yang dilakukan oleh orang terdekat anak secara sadar berupa pemusatan tenaga fisik maupun psikis yang ditujukan kepada anak. Perhatian orang tua menjadi salah satu faktor penting dalam membimbing anak. Keterlibatan orang tua akan sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Selain perhatian orang tua, disiplin belajar juga sangat mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Dalam penelitian ini akan membahas perhatian orang tua dan disiplin belajar terhadap hasil belajar tematik terpadu siswa SDN Sembung  Kecamatan Perak Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Downloads

Published

2022-06-16

How to Cite

Nofitasari, P. ., Nisfullaili, A. ., Maunah, N. ., & Pratiwi, E. Y. R. . (2022). Analisis Perhatian Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa SDN Sembung Perak Jombang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1145–1149. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4735

Most read articles by the same author(s)