Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas III Di SD Negeri Genukwatu 2 Ngoro Jombang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4731Abstract
Perlu adanya pembaruan dengan sistem pembelajaran yang mengharuskan siswa merasa lebih tertantang dan tidak merasa bosan dengan pelajaran. Pendidik juga harus mengenali potensi dan bakat yang dimiliki siswa, dan mampu menemukan solusi langkah dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindak kelas). Penelitian ini dilakukan pada semester genap. Selain itu instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes kognitif yang dilakukan siswa. Selain itu peningkatan kreatifitas siswa kelas III di SDN Genukwatu 2 ini memiliki peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi reciprocal teaching siswa pada siklus I nilai rata-rata 78,2 dan pada siklus II nilai rata-rata 87,6. Peningkatan penerapan strategi reciprocal teaching dari siklus I ke siklus II dengan selisih nilai rata-rata adalah 9,4. Sedangkan hasil tingkat kreatifitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 69,1 dan pada siklus II nilai rata-rata 84,3. Peningkatan kreatifitas siswa dari siklus I ke II nilai rata-rata adalah 15,2. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING mampu meningkatkan kreatifitas siswa. Kata Kunci: Strategi Reciprocal Teaching, Kreatifitas,Downloads
Published
2022-06-17
How to Cite
Aini, Q. ., M, N. ., Agustina, I. ., & Pratiwi, E. Y. R. . (2022). Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas III Di SD Negeri Genukwatu 2 Ngoro Jombang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1189–1193. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4731
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Qurrotul Aini, Nurfadzilatul M, Ika Agustina, Emy Yunita Rahma Pratiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).