Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas III Di SD Negeri Genukwatu 2 Ngoro Jombang

Authors

  • Qurrotul Aini Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Nurfadzilatul M Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Ika Agustina Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
  • Emy Yunita Rahma Pratiwi Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4731

Abstract

Perlu adanya pembaruan dengan sistem pembelajaran yang mengharuskan siswa merasa lebih tertantang dan tidak merasa bosan dengan pelajaran. Pendidik juga harus mengenali potensi dan bakat yang dimiliki siswa, dan mampu menemukan solusi langkah dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindak kelas). Penelitian ini dilakukan pada semester genap. Selain itu instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi kegiatan guru dan lembar tes kognitif yang dilakukan siswa. Selain itu peningkatan kreatifitas siswa kelas III di SDN Genukwatu 2 ini memiliki peranan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi reciprocal teaching siswa pada siklus I nilai rata-rata 78,2 dan pada siklus II nilai rata-rata 87,6. Peningkatan penerapan strategi reciprocal teaching dari siklus I ke siklus II dengan selisih nilai rata-rata adalah 9,4. Sedangkan hasil tingkat kreatifitas siswa pada siklus I nilai rata-rata 69,1 dan pada siklus II nilai rata-rata 84,3. Peningkatan kreatifitas siswa dari siklus I ke II nilai rata-rata adalah 15,2. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING mampu meningkatkan kreatifitas siswa. Kata Kunci: Strategi Reciprocal Teaching, Kreatifitas,

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Aini, Q. ., M, N. ., Agustina, I. ., & Pratiwi, E. Y. R. . (2022). Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kreatifitas Siswa Kelas III Di SD Negeri Genukwatu 2 Ngoro Jombang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1189–1193. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4731

Most read articles by the same author(s)