Urgensi Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (Tpack-P) Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7195Abstract
Revolusi industri 4.0 menuntut semua pendidik untuk mampu beradaptasi dengan kebutuhan serta tuntunan zaman. TPACK termasuk satu dari beberapa skill penting yang wajib dimiliki oleh para pendidik di era 4.0. pada masa revolusi industri 4.0 pendidik didorong untuk mengkonstruksi aktivitas belajar mengajar yang dilakukan dengan mengunakan bantuan teknologi. Jenis Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka dengan pendekatan filosofis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan 4.0 mendorong para pendidik untuk bisa menguasai teknologi supaya bisa diintegrasikan ke dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan para pendidik dalam memahami serta menguasai teknologi di bidang pendidikan bisa ditinjau melalui TPaCK “technological pedagogical content knowledge” yang ada pada diri pendidik. TPaCK termasuk kerangka teoritis guna menjalankan integrasi pada teknologi, pedagogik serta materi pelajaran yang terdapat dalam aktivitas belajar mengajar. Artikel ini menganalisa mengenai urgensi kemampuan TPacK pendiddik serta interaksi yang ada pada berbagai unsur TPack dan hubungannya dengan revolusi industri 4.0. Kata kunci: TPaCK, Pendidik, Revolusi Industri 4.0Downloads
Published
2022-10-03
How to Cite
Kamaruddin , I. ., Latuconsina, A. ., Pramono, S. A. ., Pattiasina, P. J. ., & Wahab, A. . (2022). Urgensi Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Personality (Tpack-P) Pendidik Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3680–3688. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7195
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ilham Kamaruddin, Adam Latuconsina, Susatyo Adhi Pramono, Petrus Jacob Pattiasina, Abdul Wahab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).