Efektivitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkaan Kemampuan Membina Hubungan (Self Relationship) Berbasis Teknologi Informasi (Studi Pada Peserta Didik di Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batang Anai)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7936Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu rendahnya kecerdasan emosi dalam kemampuan membina hubungan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menggambarkan kemampuan membina hubungan peserta didik sebelum diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, (2) Menggambarkan kemampuan membina hubungan peserta didik setelah diberikan perlakuan pada kelompok eksperimen, (3) Mengetahui efektivitas program pengembangan kecerdasan emosi dalam meningkatkan kemampuan membina hubungan berbasis teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen Lokasi penelitian ini di SMAN 2 Batang Anai. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu 224 orang, sampel dalam penelitian ini menggunakan Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu persentase dan uji Ancova. Hasil penelitian (1) Tingkat kemampuan membina hubungan kelompok kontrol dan eksperimen sebelum diberikan perlakuan tergolong rendah, (2) Gambaran tingkat kemampuan membina hubungan setelah diberikan perlakuan untuk kelompok eksperimen dikategorikan tinggi, (3) Program pengembangan membina hubungan berbasis TI signifikan meningkatkan kemampuan membina hubungan peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru bimbingan konseling untuk dapat menggunakan program pengembangan Self Relationship pada peserta didik. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian pada setting yang lebih beragam / luas.Downloads
Published
2022-10-25
How to Cite
Madaniah, H. ., Helma, H., & Nita, R. W. . (2022). Efektivitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi dalam Meningkatkaan Kemampuan Membina Hubungan (Self Relationship) Berbasis Teknologi Informasi (Studi Pada Peserta Didik di Kelas XI IPA 1 SMAN 2 Batang Anai). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7843–7848. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7936
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hafifah Madaniah, Helma, Rahma Wira Nita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).